androidvodic.com

Partai Ummat Ngaku Verifikasi Faktual di Sulut Diganggu, PAN: Tidak Masuk Akal - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) merespon pengakuan Partai Ummat soal adanya partai yang ingin gagalkan proses verifikasi faktual di Sulawesi Utara (Sulut).

Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi menilai tidak masuk akal bila ada partai yang menjegal Partai Ummat melalui tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sungguh tidak masuk di akal jika ada partai politik tertentu yang melakukan jegal-menjegal melalui tangan KPU. KPU diatur-atur oleh partai politik. Ini aneh banget," kata Viva kepada wartawan, Selasa (27/12/2022).

Baca juga: Bawaslu Belum Dapat Informasi Dugaan Upaya Kecurangan Terhadap Partai Ummat di Sulut

Viva menegaskan ketentuan sebuah partai politik bisa menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) atau tidak merupakan kewenangan penyelenggara pemilu, khususnya KPU.

"Ada verifikasi administrasi dan faktual. Semua transparan, terukur, dan masyarakat bisa memonitor," ujarnya.

Ia menerangkan KPU lahir karena dibentuk oleh Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

"Kita harus menghormati eksistensi KPU yang mandiri, nasional, dan profesional," ucap Viva.

Viva menjelaskan bahwa PAN meyakini KPU tetap menjaga integritasnya sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang akan mendesain pemilu Luber, Jurdil, dan berkualitas.

"PAN tidak ada urusan dengan Partai Ummat. Apakah akan menjadi peserta pemilu atau tidak. Itu urusan penyelenggara pemilu," tegasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa partai besutan Zulkifli Hasan atau Zulhas tersebut sudah siap menyongsong pemilu 2024.

"PAN telah melakukan reformasi budaya partai yang lebih egaliter, demokratis, digitalis, dan memfungsikan seluruh struktur kelembagaan partai untuk pemenangan pemilu," ungkapnya.

Penjelasan Partai Ummat

Sebelumnya, Juru bicara Partai Ummat Mustofa B Nahrawardaya mengaku mendapat informasi terkait adanya parpol peserta Pemilu 2024 yang hendak menggagalkan proses verfak perbaikan Partai Ummat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat