androidvodic.com

Puan Maharani Disebut Berpotensi Diusung PDIP Jadi Capres, Megawati Dinilai Berat Hati Usung Ganjar - News

News - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, akan mengusung calon presiden (Capres) untuk Pilpres 2024 dari kader partainya.

Megawati menyampaikan, keputusan Capres yang akan diusung PDIP merupakan hak prerogatif dirinya selaku ketua umum.

Megawati pun mengaku telah mengantongi nama kader PDIP yang akan diusung sebagai Capres dalam Pilpres 2024.

"Kan saya ketua umum terpilih di kongres partai."

"Sebagai institusi tertinggi partai, maka oleh kongres partai diberikanlah hak prerogatif untuk menentukan siapa yang akan dicalonkan," ungkapnya di HUT PDIP ke-50 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023), dikutip dari Wartakotalive.com.

Lantas, siapa sosok yang berpotensi diusung PDIP?

Megawati Berpeluang Usung Puan Maharani

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam, menyebut Megawati berpeluang mengusung Ketua DPR RI, Puan Maharani, daripada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai Capres.

Baca: Profil Puan Maharani

Baca: Profil Ganjar Pranowo

Menurutnya, sinyal tersebut terlihat ketika Megawati bersikap cuek terhadap Ganjar Pranowo dalam peringatan HUT ke-50 PDIP.

"Sikap cuek Megawati terhadap Ganjar menegaskan bahwa Ganjar tidak menjadi center of gravity di pusat pengambilan keputusan politik PDIP."

"Seolah nama Ganjar kian terpinggirkan dalam dinamika pengambilan keputusan internal PDIP," katanya kepada Kompas.com, Rabu (11/1/2023).

Baca juga: Puan Maharani Ceritakan Bagaimana Perjuangan PDIP di Masa Sulit, Semoga PDIP Bisa Menjadi 100 Tahun

Ketua DPR RI Puan Maharani saat diwawancarai oleh Tribun Network di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Megawati dinilai berpeluang mengusung Puan Maharani daripada Ganjar Pranowo sebagai Capres.
Ketua DPR RI Puan Maharani saat diwawancarai oleh Tribun Network di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Megawati dinilai berpeluang mengusung Puan Maharani daripada Ganjar Pranowo sebagai Capres. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Umam menambahkan, tingginya elektabilitas Ganjar Pranowo dari hasil berbagai lembaga survei juga tidak membuat Megawati tergiur dengan pola permainan politik yang diyakini selama ini diorkestrasikan oleh jaringan kekuatan oligarki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat