androidvodic.com

Kedatangan Anies Baswedan ke Baduy Bertepatan Dengan Bulan Kawalu - News

News, SERANG - Dalam kunjungannya ke Banten, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan datang ke Desa Adat Saba Budaya Baduy, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, pada Selasa (24/1/2023).

Kedatangan Anies Baswedan bertepatan dengan Bulan Kawalu, di mana area Baduy Dalam ditutup sementara waktu dari kunjungan wisatawan yang hendak ke Baduy Dalam.

Baca juga: Anies Baswedan Akan Kunjungi Banten Selama Dua Hari: Ini Tempat Pertama yang Dikunjungi

Bulan Kawalu merupakan ritual masyarakat Suku Baduy, di mana ritual tersebut dilakukan oleh masyarakat Baduy Dalam di Kampung Cikartawana, Cibeo, Cikeusik, Kecamatan Leuwidamar.

Dengan adanya bulan Kawalu area Baduy Dalam ditutup selama 3 bulan, mulai 24 Januari sampai 24 April 2023.

Penutupan Saba Budaya Baduy tersebut berdasarkan keputusan Tangtu Tilu Jaro Tujuh, Lembaga Adat Desa Kanekes pada 20 Januari 2023.

Menanggapi adanya penutupan kawasan Baduy, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Lebak Dedi Jubaedi menjelaskan, bahwa pihak sudah berkoordinasi dengan pemerintah dan tokoh masyarakat setempat.

"Tidak ada kendala, karena kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah setempat," katanya saat ditemui TribunBanten.com di Kantor DPD Partai NasDem Lebak, Senin (23/1/2023).

"Bahwa memang ada larangan Kawalu, orang Baduy Dalam tidak boleh bergerak ke Baduy Luar. Dan itu disepakati oleh kami," lanjut Dedi Jubaedi.

Baca juga: Sejumlah Mahasiswa dan Masyarakat Tolak Kedatangan Anies Baswedan di Bandung

Kehadiran Anies di Baduy, akan berkunjung ke rumah dinas Jaro Pamarentah Saija, sebagai Kepala Desa Kanekes.

Selain itu, dirinya akan berkunjung ke tempat ke industri kerajinan tangan masyarakat Suku Baduy, yang ada di kawasan Baduy Luar.

Dedi menjelaskan, bahwa kunjungan Anies ke Baduy merupakan silaturahmi, dan akan berdiskusi dengan masyarakat Baduy yang hadir.

"Jadi di sana akan berdiskusi dengan masyarakat Suku Baduy, terkait dengan ikon Banten yaitu Suku Baduy, makanya beliau akan menampung aspirasi masyarakat Baduy" ujarnya.

Dirinya menambahkan, tujuan Anies hanya bersilaturahmi dengan masyarakat Baduy Luar, yang mau berdiskusi dan ketemu dengan Pak Anies Baswedan.

"Jadi kita di sana siap mendukung dan mengawal pak Anies Baswedan untuk kunjungan dan silaturahmi ke Baduy."

Baca juga: Anies Unggah Momen Naik Kereta Argo Parahyangan Bandung-Jakarta: Kereta yang Penuh Sejarah, Kenangan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat