androidvodic.com

NasDem Tak Hadir saat PKS Nyatakan Dukung Anies Sebagai Capres, Ini Alasannya - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Perwakilan Partai NasDem tak hadir saat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyampaikan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Semulanya, Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto dan Willy Aditya dikabarkan hadir, namun ternyata tidak.

Sudirman Said, utusan Anies di tim kecil rencana Koalisi Perubahan mengatakan Willy sedang melakukan kunjungan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sehingga tidak bisa hadir.

Baca juga: PKS Putuskan Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Janjikan Deklarasi Pencapresan usai Rakernas

Sementara Sugeng, Said menuturkan sedang mengikuti rapat di Komisi VII DPR RI.

"Beliau berdua ini yang satu (Willy) sedang di Lombok, satu lagi Pak Sugeng sedang rapat di Komisi VII," kata Said di Gubug Makan Mang Engking Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (30/1/2023).

Namun, Said memastikan jika ketiga partai politik (parpol) baik Partai NasDem, Demokrat maupun PKS masih solid.

Menurutnya, setiap melakukan pertemuan di tim kecil perwakilan ketiga parpol tersebut membahas materi secara runut dan konsisten.

"Yang kita syukuri dalam dinimka tim kecil ini adalah anggotanya tetap. Jadi 8 orang itu dari waktu ke waktu bertemu. Sehingga seluruh materi dibahas dengan runut, dengan konsisten," ujarnya.

Said juga menyebut sebelum melakukan pertemuan termasuk PKS nyatakan dukung Anies, pihaknya telah berkomunikasi dengan Partai NasDem.

Baca juga: Rekam Jejak Politik Anies Baswedan hingga Diusung Tiga Parpol Jadi Capres 2024

Sebelumnya diberitakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Adapun dalam kesempatan ini Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman mengatakan dukungan partainya ke Anies diputuskan atas keputusan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) Majelis Syuro.

Kendati demikian, Sohibul menyatakan dukungan secara resmi akan disampaikan PKS pada 24 Februari mendatang.

"PKS akan menyampaikan eksplisit organisatoris untuk mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan pada Rapat Badan Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2024,” kata Sohibul di Gubug Makan Mang Engking Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (30/1/2023).

Sohibul menuturkan melalui dukungan tersebut persyaratan presidential threshold (PT) 20 persen sebagai syarat pencalonan presiden sudah terpenuhi.

"PKS konsisten menjadi bagian dari partai pendukung Anies Baswedan sehingga koalisi memenuhi presidential threshhold 20 persen," ujarnya.

Baca juga: Anies Baswedan dan Prabowo Telah Pegang Tiket Pilpres, Bagaimana dengan Nasib Ganjar Pranowo?

Sohibul menyatakan dukungan ini didampingi Jubir PKS Muhammad Kholid, Jubir PKS Pipin Sopian, Ketua DPP Al Muzammil Yusuf.

Kemudian, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Kepala Bakomstra Herzaky Mahendra Putra, dan Sudirman Said selaku perwakilan Anies Baswedan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat