androidvodic.com

Zulfan Lindan Sebut Ganjar & Prabowo Mesti Bersatu Jika Anies Maju Capres: Kalau Terbelah Bisa Kalah - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Politisi senior Zulfan Lindan berbicara soal kandidat calon presiden (capres) yang bakal maju di Pilpres 2024.

Tercatat ada tiga nama yang kerap memuncaki hasil survei terkait elektabilitas capres, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Ia mengatakan bahwa jika Anies Baswedan benar-benar maju pada Pilpres mendatang, maka Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto harus bersatu jika tidak ingin kalah dari eks Gubernur DKI Jakarta itu.

“Bisa jadi Ganjar-Prabowo itu bersatu, entah siapa yang jadi capres, siapa cawapres kita nggak tau,” kata Zulfan Lindan dalam rilis lembaga survei Populi Center, Senin (13/2/2023).

“Karena kalau terbelah jadi dua, ngelawan Anies maka kalah. Karena dianggap dukungan Anies itu solid. Kelompok moderat ini akan terpecah menjadi dua misalnya,” lanjut dia.

Hal ini sekaligus merespons hasil simulasi capres yang dilakukan Populi Center. Lembaga ini melakukan survei terkait simulasi pemilihan presiden yang melibatkan ketiga tokoh tersebut.

Di sisi lain, ia menilai majunya Anies sebagai capres menjati tolok ukur bagi partai politik lain. Sebab, kata dia, PDI Perjuangan harus mencalonkan Ganjar jika Anies benar-benar maju sebagai capres.

“Bagi partai lain ini untuk menentukan capres ini tergantung pada Anies. Kalau Anies Baswedan itu bisa maju sebagai capres, itu pasti Ganjar dikeluarkan (dicalonkan) oleh PDIP, itu pasti, nggak mungkin nggak,” katanya.

Baca juga: Pengamat Duga Zulfan Lindan Waswas Lantaran Usul Anies Baswedan Jadi Ketum Nasdem

Sementara itu, meski Nasdem sudah mendeklarasikan dukungan Anies sebagau capres, para partai pendukung koalisinya belum secara meyakinkan mendukung Anies maju di Pilpres.

Meski beberapa waktu lalu Partai Demokrat dan PKS menyatakan dukungannya terhadap Anies Baswedan sebagai capres.

PKS sendiri akan menggelar rakernas pada 24 Februari 2023 mendatang. Namun Zulfan menduga rakernas tersebut bakal memunculkan lebih dari satu nama untuk didukung sebagai capres.

“Persoalannya, Anies bisa maju nggak? Sekarang kan ada upaya untuk Anies tidak cukup tresholdnya, ya kan,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Lembaga survei Populi Center melakukan simulasi calon presiden (capres) yang bakal maju di Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat