androidvodic.com

Pengamat Duga Zulfan Lindan Waswas Lantaran Usul Anies Baswedan Jadi Ketum Nasdem - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Politikus senior Nasdem yang dinonaktifkan Zulfan Lindan menilai partai besutan Surya Paloh tersebut seharusnya mendapuk Anies menjadi ketua umum, untuk dapat meloloskan Partai Nasdem ke parlemen.

Pernyataan Zulfan Lindan tersebut dinilai sebagai ungkapan kekhawatiran atau waswas Nasdem tak bisa lolos Parliamentary Threshold (PT).

Hal itu disampaikan pengamat politik UIN Jakarta Adi Prayitno, kepada Tribunnews, Senin (19/12/2022).

"Sepertinya Zulfan Lindan adalah salah satu orang yang mulai waswas dengan temuan survei yang mengatakan bahwa Nasdem tidak akan lolos parlemen efek dari mencalonkan Anies sebagai kandidat pilpres 2024," kata Adi.

Di sisi lain, Adi melihat elektabilitas Nasdem meningkat signifikan usai mendalakarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Baca juga: Zulfan Lindan Dinilai Adu Domba Kader Karena Usulkan Anies Baswedan Jadi Ketua Umum Nasdem

Selain itu, para pemilih Anies yang sebelumnya berafiliasi dengan PKS juga hijrah memilih partai besutan Surya Paloh.

"Dua hal ini yang bisa menjelaskan dari data survei kita lakukan Anies sejak dideklarasikan oleh Nasdem justru Nasdem naik secara signifikan," tandasnya.

Sebelumnya, politikus Zulfan Lindan menilai Partai Nasdem terancam tidak lolos ambang batas parlemen atau Parliamentary Treshold jika gagal mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Menurut Zulfan, sosok Anies dapat menyelamatkan perolehan suara Partai Nasdem pada Pemilu 2024.

"Nasdem kan kembali lagi. Kalau bicara Nasdem, kalau Anies tidak bisa jadi capres. Nasdem ini kan terlungkup kalau kata orang Medan," ujar Zulfan dalam webinar Total Politik, Minggu (18/12/2022).

Politikus Partai Nasdem nonaktif ini mengatakan partai besutan Surya Paloh tersebut seharusnya mendapuk Anies menjadi ketua umum.

Baca juga: Nasdem Respons Zulfan Lindan Soal Anies Harus Jadi Ketua Umum, Surya Paloh Minggir Dulu: Tidak Etis

Langkah ini, menurut Zulfan, dapat meloloskan Partai Nasdem ke parlemen.

"Belum tentu lulus treshold kecuali kalau Anies menjadi ketua Umum Partai Nasdem," kata Zulfan.

Dirinya menilai Surya Paloh dapat menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina atau Ketua Dewan Pakar jika Anies menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasdem.

"Kalau anies menjadi Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh minggir dulu jadi ketua pembina atau ketua Dewan pakar nah itu baru, Nasdem bisa selamat," pungkas Zulfan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat