androidvodic.com

Jubir Anies Jawab Isu Sandiaga Uno Berpeluang Jadi Cawapres Anies Baswedan - News

Laporan Wartawan News, Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Juru Bicara Anies Baswedan, Hendri Satrio, merespon isu Sandiaga Uno yang dikabarkan berpeluang dipasangkan dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Menurut Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio, saat ini pembicaraan soal cawapres untuk Anies Baswedan masih dalam tahap kreteria.

"Belum ada informasi, pembicaraan tentang cawapres baru sampai  kriteria. Seperti yang ada dalam piagam," kata Hensat kepada News, Selasa (11/4/2023).

Sebelumnya, Juru Bicara sekaligus Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra tegaskan bahwa di Koalisi Perubahan tidak pernah ada pembahasan bahwa Sandiaga Uno jadi cawapres Anies Baswedan.

"Belum pernah dibahas, kita juga komit dengan Piagam Koalisi Bacapres Anies Baswedan," kata Herzaky kepada News, Senin (10/4/2023).

Baca juga: Mahfud MD dan Sandiaga Uno Disebut Cocok Jadi Cawapres Anies Baswedan, PKS: Silakan Saja Komunikasi

Herzaky melanjutkan bacawapres untuk Anies Baswedan ada lima kriteria.

Salah satunya semangat perubahan.

"Bang Sandi menteri Jokowi saat ini. Masuk bagian dari status quo. Bukan semangat perubahan. Kalau ingin jadi cawapres lagi, haknya Bang Sandi. Tapi, bagi Demokrat, kita ikuti saja kesepakatan bersama tiga parpol Koalisi Perubahan mengenai ini yang sudah ditegaskan di Piagam Koalisi," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang merupakan bagian dari Koalisi Perubahan mengakui sedang menjalin komunikasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.

Terbaru, Sandiaga mengikuti safari politik bersama PKS saat menghadiri undangan Yayasan Karawang Bekasi Madani (YKBM), Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, pada Sabtu (8/4/2023) lalu.

Acara tersebut turut dihadiri Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Hal tersebut memunculkan spekulasi bahwa Sandiaga Uno berpeluang menjadi cawapres Anies Baswedan.

"Kalau Sandi kemarin dan beberapa waktu lalu ikut safari dengan Presiden PKS di Karawang dan Bekasi ya merupakan salah satu bentuk komunikasi politik yang terbuka," kata Juru Bicara DPP PKS Ahmad Mabruri, saat dikonfirmasi News Senin (10/4/2023).

Saat ditanya apakah Sandiaga menjadi sosok bakal calon wakil presiden untuk Anies Baswedan, Mabruri mengakui Sandiaga memiliki elektabilitas yang cukup tinggi.

Lantas, Mabruri mengungkit satu di antara kriteria cawapres untuk Anies adalah yang memiliki daya untuk menaikkan elektoral, satu di antaranya melalui elektabilitas.

Namun, lanjut Mabruri, Koalisi Perubahan (Nasdem, PKS, dan Demokrat) menyerahkan sepenuhnya keputusan terkait cawpares kepada Anies Baswedan.

"Salah satu kriteria cawapres adalah elektabilitas tinggi yang punya efek ungkit ke suara ketika berpasangan," ucapnya.

"Hasil survei beberapa lembaga menempatkan Sandiaga Uno, Ridwan Kamil dan Erick Thohir sebagai kandidat tiga besar cawapres," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat