androidvodic.com

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo Saling Mengungguli di Beberapa Hasil Lembaga Survei - News

News - Ganjar dan Prabowo Subianto saling mengungguli di beberapa hasil lembaga survei elektabilitas calon presiden (Capres) 2024.

Dalam survey yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Prabowo Subianto unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam survei terhadap pemilih kritis yang dilakukan oleh SMRC pada 25-28 April 2023 dalam bentuk pertanyaan tersebut, Ganjar Pranowo dipilih oleh 20,8 persen, disusul Prabowo Subianto 15,8 persen dan Anies Baswedan 11,4 persen, dan nama-nama lain jauh di bawah mereka.

"Kenaikan Ganjar terjadi dari akumulasi penurunan pada Prabowo, pada pemilih yang belum menentukan pilihan sebelumnya, dan pada pemilih calon-calon lain," ujar Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam pernyataannya yang diterima Tribun, Sabtu (29/4/2023).

Sedangkan menurut survei Poltracking Indonesia, nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan teratas elektabilitas calon presiden 2024 mendatang.

Dalam survei yang dilakukan Poltracking Indonesia dalam simulasi terhadap 20 nama, Prabowo Subianto memperoleh persentase 28,8 persen.

Kemudian diikuti oleh Ganjar Pranowo yang memperoleh 27,5 persen, sedangkan Anies Baswedan memperoleh 19,3 persen.

Baca juga: Perbandingan Hasil Survei Capres 2024 Terbaru Anies, Ganjar, dan Prabowo dari 7 Lembaga Survei

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan angka tersebut dihasilkan sebelum Ganjar dideklarasikan sebagai capres PDIP.

"Angkanya Prabowo dan Ganjar terpaut tipis di margin error', tapi Prabowo relatif di atas tipis," kata Hanta dalam rilis survei secara daring, Jumat (28/4/2023).

Dalam melakukan survei tersebut, Poltracking Indonesia melibatkan 1.220 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Responden dalam survei tersebut merupakan warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih, atau minimal berusia 17 tahun.

Metode sampel menggunakan multistage random sampling, yaitu wawancara survei dilakukan tatap muka langsung dengan responden terpilih

Survei tersebut dilakukan dalan rentang waktu Februari, Maret, dan April 2023.

Kemudian, pada survei yang dilakukan oleh Lembaga Survey Indikator Politik Indonesia, Prabowo Subianto unggul atas dua kandidat lainnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat