androidvodic.com

Partai Besutan Amien Rais Daftarkan Tokoh Gerakan 212 Jadi Bacaleg   - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Tokoh yang dari Gerakan 212 didaftarkan sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) oleh Partai Ummat.

Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Nazaruddin, mengatakan pihaknya mengusung sejumlah tokoh Gerakan 212 seperti Ustaz Idrus Sambo, Habib Muhsin Alatas, dan Ustad Bernard Abdul Jabbar.

Selain itu pihaknya juga mengusung Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi dan Wakil Ketua Majelis Syura Partai Ummat MS Kaban.

Partai besutan Amien Rais ini berharap, dengan mengusung tokoh tersebut, Partai Ummat dapat meraih 11 persen suara nasional serta melewati ambang batas parlemen.

"Mereka adalah tokoh-tokoh nasional yang memang selama ini menjadi representasi keumatan," kata Nazaruddin di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, usai menyerahkan daftar bacaleg, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Amien Rais Tidak Maju Jadi Caleg, Partai Ummat: Tidak Pas, Karena Beliau Tokoh Bangsa

Selain itu, Partai Ummat juga mengusung sejumlah mantan kader Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Masyumi. Partai Ummat turut mengusung tokoh-tokoh lokal yang punya akar kultural yang kuat agar bisa mendulang suara pemilih di seluruh provinsi.

Nazaruddin juga menambahkan, meski partainya banyak mengusung tokoh yang beragama Islam, tapi partai yang berhasil menjadi peserta Pemilu 2024 usai melayangkan gugatan ini tetap memiliki caleg non muslim.

"Caleg-caleg kami di Bali dan Indonesia timur hampir semuanya non-muslim," ujarnya.

Dalam kedatangannya ke KPU hari, Partai Ummat mendaftarkan bacaleg 580 untuk dapil seluruh Indonesia.

Dari 580 itu di antaranya 288 bacaleg perempuan.

Sebagai informasi, Partai Ummat menjadi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 yang mendaftar bacaleg ke KPU.

Partai Ummat menyusul PKS, Partai Hanura, PDIP, dan Partai NasDem yang telah mendaftar lebih dulu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat