androidvodic.com

Belajar dari Kekalahan di Pilpres 2019, PPP Yakin Kini Sandiaga Uno Bisa Bawa Kemenangan bagi Ganjar - News

News, JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meyakini bahwa penunjukkan Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo bisa membawa kemenangan di Pilpres 2024 mendatang.

Politikus PPP Amir Uskara mengatakan Sandiaga Uno telah berpengalaman maju dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2017 hingga Pilpres 2019 lalu. 

Meskipun, Ia memahami Sandiaga Uno harus kalah dalam kontestasi Pilpres 2019 terakhir. Hal itu tentunya telah menjadi pelajaran yang berarti untuk Menparekraf RI tersebut.

"Artinya sudah pernah bertarung, sudah tahu cara bertarung, sudah pernah menang, sudah pernah kalah tentu dia ada pengalaman karena pernah pengalaman kalah tentu itu menjadi pelajaran supaya jangan kalah lagi," kata Amir Uskara di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Di sisi lain, kata Amir, Sandiaga Uno masih memiliki modal elektoral yang kuat untuk maju sebagai cawapres RI.

Ia mengklaim, Ketua Bappilu PPP itu masih unggul dibandingkan dengan nama-nama lainnya.

"Kalau kita lihat Sandi dari sisi elektoral ya, hampir seluruh calon wakil masih Sandi yang terbaik. Dari sisi kesiapan untuk maju saya kira orang juga tahu Sandi punya kemampuan untuk itu. Jadi makanya kita sangat yakin Sandi ini akan masuk dalam kriteria," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa PPP pun mengaku pasrah jika nantinya Sandiaga Uno tidak ditunjuk menjadi cawapres Ganjar.

Hal yang pasti, pihaknya akan berupaya untuk mendorong kader barunya itu.

"Persoalan nanti apakah nanti diterima oleh Pak Ganjar sebagai calon presidennya setahu saya Pak Ganjar welcome-welcome aja. Diskusi-diskusi saya secara terbatas dengan Pak Ganjar nggak ada masalah sebenarnya," pungkasnya.

Baca juga: Sandiaga Dinilai Berpeluang Besar Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Jokowi Menjadi Faktor Penting

Diberitakan sebelumnya, Rapimnas VI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menghasilkan sebuah keputusan penting terkait arah politik partai berlambang kakbah itu di Pilpres 2024. Satu di antaranya rekomendasi agar Sandiaga Uno menjadi calon wakil presiden (cawapres) RI.

Adapun Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono diminta memperjuangkan Sandiaga Uno sebagai cawapres untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Sekjen PPP Arwani Thomafi mengatakan hasil rekomendasi itu pun diminta diteruskan Mardiono kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Rapimnas VI mengusulkan bapak Sandiaga Salahuddin Uno sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024," kata Sekjen PPP Arwani Thomafi saat membacakan rekomendasi Rapimnas VI di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (17/6/2023).

Sejatinya, kata Arwani, ada dua rekomendasi nama yang bisa diajukan sebagai cawapres untuk Ganjar. Kedua nama itu adalah Sandiaga Uno dan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono.

Namun, Mardiono menolak dan memilih fokus untuk memenangkan PPP di Pemilu 2024. Dengan begitu, hasil rekomenasi hanya didorong kepada satu nama yang tidak lain Sandiaga Uno

"Bapak Mardiono menyampaikan beliau akan fokus mengawal seluruh proses kerja partai memenangkan pemilu 2024. Beliau akan mengawal dari Sabang sampai Merauke memastikan seluruh aparatus partai para caleg bekerja maksimal oleh karena itu beliau fokus sebagai panglima tertinggi memenangkan pemilu PPP dalam pemilu 2024 nanti," jelas Arwani.

Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi (kanan) membacakan salah satu putusan pada Rapimnas VI PPP dengan didampingi oleh Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono (tengah) dan Anggota PPP, Sandiaga Uno (kiri) saat penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI PPP di Jakarta, Sabtu (17/6/2023) malam. Rapimnas VI PPP tersebut menghasilkan beberapa poin di antaranya menetapkan Sandiaga Uno sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasional PPP sekaligus menjadi bakal cawapres yang diusung PPP untuk mendampingi bakal capres Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. WARTA KOTA/YULIANTO
Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi (kanan) membacakan salah satu putusan pada Rapimnas VI PPP dengan didampingi oleh Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono (tengah) dan Anggota PPP, Sandiaga Uno (kiri) saat penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI PPP di Jakarta, Sabtu (17/6/2023) malam. Rapimnas VI PPP tersebut menghasilkan beberapa poin di antaranya menetapkan Sandiaga Uno sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasional PPP sekaligus menjadi bakal cawapres yang diusung PPP untuk mendampingi bakal capres Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. WARTA KOTA/YULIANTO (WARTA KOTA/YULIANTO)

Karena itu, Arwani mengungkapkan Rapimnas VI mengamanatkan Mardiono untuk memperjuangkan Sandiaga Uno l menjadi calon wakil presiden mendampingi Ganjar kepada Megawati Soekarnoputri.

"Rapimnas VI mengamanatkan Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono memperjuangkan bapak Sandiaga Uno menjadi cawapres kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai capres 2024," tutup Arwani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat