androidvodic.com

Megawati Sebut Ada 3 Parpol yang Masih Pikir-pikir Gabung Dukung Ganjar Pilpres 2024, Ini Kata PKB - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyebut ada tiga partai politik (parpol) yang masih pikir-pikir bergabung mendukung Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Pernyataan Megawati itu diungkap dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid mengatakan bahwa partainya sudah ada piagam kerja sama dengan Partai Gerindra untuk berkoalisi di Pilpres 2024.

"Ya, sebab PKB sudah ada piagam kerja sama dengan Gerindra. Sudah saling berkomitmen menghadapi pilpres 2024," kata Jazilul kepada wartawan, Senin (26/6/2023).

Baca juga: PKB Ibaratkan PDIP Seperti Saudara, Cuma untuk Pilpres 2024 Belum Satu Arah

Namun begitu, kata dia, keputusan itu bisa saja masih bisa berubah tergantung dinamika politik ke depan nantinya.

"Kecuali dinamikanya menempatkan pada takdir yang lain. Kita berharap yang terbaik bagi Gus Imin dan PKB," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan partainya sebenarnya tak perlu berkoalisi tetap bisa mengusung calon presiden dan wakil presidennya sendiri, karena sudah mencukupi syarat presidential threshold.

Namun Megawati menegaskan PDIP punya sifat kekeluargaan dan gotong royong dalam membangun negara. Sehingga mempersilakan partai politik lain yang ingin bergabung.

"Padahal kita itu sebetulnya boleh bawa calon presiden, wakil presiden sendiri, tapi saya membuka pintu karena sifat kita adalah kekeluargaan dan gotong royong," kata Megawati di Acara puncak peringatan Bulan Bung Karno, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (24/6/2023).

Megawati pun menyebut di belakang podium tempatnya berdiri, telah duduk 3 partai politik yang merapat ke PDIP. Di antaranya PPP, Hanura dan Perindo.

Baca juga: Momen Pidato Megawati & Jokowi Sampai Puan Gandeng Ganjar Tunjukkan PDIP Solid Menuju Pemilu 2024

"Di belakang saya ini ada beberapa partai yang sudah pasti, itu ada 3, dari PPP, Pak Mardiono, lalu masih ada lagi, desek-desek aja, dari Partai Hanura Pak Oso, yang ketiga orangnya nggak ada, salam dari Pak Hary Tanoe," terangnya.

Selain 3 partai yang sudah merapat, Megawati menyinggung juga ada 3 partai lainnya yang masih pikir-pikir untuk bekerja sama dengan PDIP di Pilpres 2024. Ketua umum partai tersebut juga duduk di belakangnya.

Nampak terlihat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid juga duduk pada barisan sejajar dengan capres PDIP Ganjar Pranowo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para ketum parpol yang telah resmi merapat ke PDIP.

"Itu yang saya bilang (masih) mikir-mikir dulu. Tapi saya bilang ya nggak apa-apa, mau ikut boleh, nggak ikut nggak apa-apa," kata Megawati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat