androidvodic.com

Punya Kapabilitas Mumpuni Jadikan Erick Thohir Kandidat Cawapres Kompeten - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasanudin Aco

News, JAKARTA- Mempunyai kapabilitas mumpuni menjadikan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang kompeten untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Erick Thohir tak hanya memiliki kapabilitas mumpuni, tapi kompetensi yang ia juga dianggap memiliki  membuatnya jadi tumpuan masyarakat secara luas. 

Baca juga: Putra Erick Thohir, Aga Thohir Mundur dari Komisaris Persis Solo, Hindari Konflik Kepentingan

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Nurcahyo mengatakan secara gamblang jika Erick Thohir adalah salah satu cawapres yang memiliki kapabilitas serta kompetensi yang lengkap. Dengan latar belakang pengusaha yang ia miliki, menurut Adib, Ketua Umum (Ketum) PSSI tersebut bisa dengan mudah mengambil keputusan di saat-saat krusial. 

“Faktor pembeda Erick Thohir, bahwa dia punya kapabilitas kompetensi, karena backgroundnya pengusaha, dia bisa membuat sebuah keputusan itu berjalan dengan efektif dan efisien,” kata Adib dikutip pada Rabu (28/6/2023).

Kapabilitas Erick Thohir terbukti mumpuni dari segala sisi. Memimpin dua lembaga besar, Kementerian BUMN dan PSSI membuat pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut sudah teruji untuk bisa maju sebagai cawapres pada kontestasi demokrasi tahun depan. 

Di Kementerian BUMN, Erick Thohir sukses mengangkat citra induk lembaga perusahaan pelat merah tersebut. Memangku jabatan sebagai Menteri BUMN sejak 2019, hasil positif terus diraih sejak saat itu dari sisi penerimaan laba. 

Kala itu, Kementerian BUMN berhasil mendapatkan laba sebesar Rp13 triliun, kendati saat itu Indonesia sedang diguncang pagebluk Covid-19. Kemudian tak cukup sampai disitu, dengan kemampuan manajerial mumpuni yang dimiliki Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu, pada tahun 2021 perolehan laba Kementerian BUMN melonjak menjadi Rp124 triliun. 

Baca juga: Sandiaga, Ridwan Kamil, dan Erick Thohir Tokoh Paling Potensial Jadi Cawapres Versi Populi Center

Tak berpuas diri, Erick Thohir terus bersikukuh untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara. Hasilnya, pada tahun 2022 nilai laba yang diraup oleh Kementerian BUMN menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tercatat di tahun 2022, Kementerian BUMN sukses mendapatkan laba sebesar Rp303 triliun.

Di sisi lain, tak hanya kemampuan manajerial Erick Thohir yang terbukti paripurna. Dari jaringan internasional yang dimiliki Eks Presiden Inter Milan itu juga berhasil mendatangkan Argentina untuk melakukan latih tanding dengan Timnas Indonesia pada Senin (19/6) lalu. 

Tak lupa yang paling membanggakan, menurut dia,  tentu saja saat Erick Thohir sukses mengantarkan Timnas Indonesia mendapatkan medali emas di ajang SEA Games Kamboja beberapa waktu lalu. 

Medali itu menjadi sangat berharga karena masyarakat Indonesia harus menunggu selama kurang lebih 32 tahun dan berkat tangan dingin Erick Thohir penantian itu akhirnya terbayarkan. 

Baca juga: Momen Akrab Prabowo Nonton Pertandingan Indonesia vs Argentina Bersama Jokowi dan Erick Thohir

Karenanya, Adib menilai kapabilitas serta kompetensi yang dimiliki Anggota Kehormatan Banser NU tersebut membuatnya menjadi sosok cawapres yang efektif dan efisien. Selain itu, lahir dari kalangan pengusaha membuatnya bisa dengan sigap mengambil keputusan yang penting di saat krusial. 

“Basic orang swasta, yang efisien ini yang menurut saya faktor pembedanya Erick Thohir,” ujar Adib.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat