androidvodic.com

Cermati Hasil Survei Ganjar, Relawan Gelar Diskusi Bareng Pengamat hingga Akademisi - News

News, JAKARTA - Dalam menyambut pesta demokrasi 2024, Sahabat Ganjar telah merilis hasil survei politik dan elektabilitas Ganjar Pranowo yang berlangsung di DPP Sahabat Ganjar, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, pada Senin (24/7/2023). 

Dewan Penasihat Sahabat Ganjar, Fahlesa Munabari, menjadi moderator sekaligus memaparkan hasil survei yang dilakukan oleh Litbang Sahabat Ganjar

Fahlesa mengatakan bahwa acara ini digelar sebagai media bertukar pikiran dari Sahabat Ganjar dengan pengamat politik maupun para akademisi ilmu politik dalam mengamati elektabilitas Ganjar Pranowo tetap unggul.

“Kita memiliki tren elektabilitas pak Ganjar dari berbagai segmen, sehingga diskusi ini untuk bertukar pikiran dengan pengamat politik kita bisa bersama-sama menilai elektabilitas Pak Ganjar tetap unggul,” tutur Fahlesa.

Fahlesa mengatakan dalam survei ini dibagi dengan beberapa segmen basis elektabilitas yang cukup bervariasi seperti Top of Mind Capres, gender, rentang usia, etnis, agama, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, desa/kota, wilayah, dan partai politik.

“Dalam survei yang kita lakukan ini, pak Ganjar dalam Top of Mind Capres mendapat angkat yang tinggi yakitu 18,9 dalam basis usia 21 tahun kebawah pak Ganjar unggul di angka 44,9 berdasarkan agama memiliki angka sangat tinggi di 46,6 yang membuatnya pak Ganjar mendapat predikat bapak toleransi, dan basis lainnya hanya beda-beda tipis dengan lawan politiknya,” ucap Fahlesa

Dalam survei ini, menggunakan Metode Proportional Random Sampling yang dilakukan dalam periode awal bulan April 2023 hingga akhir Juni 2023, yang melibatkan hingga 1.200 responden dari seluruh Indonesia dan memiliki Margin of Error sejumlah 2,9 persen.

“Kita menggunakan Metode Proportional Random Sampling yang dilakukan dari periode awal bulan april 2023 hingga akhir juni 2023, yang melibatkan hingga 1.200 responden dari seluruh Indonesia dan memiliki Margin of Error sejumlah 2,9%,” tambah Fahlesa.

Sahabat Ganjar juga mengundang Ujang Komarudin, seorang analis, akademisi, dan pengamat politik Indonesia yang memberikan pandangannya terhadap data-data statistik tersebut. 

Menurutnya bahwa data yang dilakukan statistik oleh Sahabat Ganjar tersebut relatif sama dengan hasil yang dilakukan oleh lembaga survei lainnya, sehingga validasi dari data tersebut cukup objektif.

“Saya setuju dengan statistik yang dipaparkan tadi, data-datanya mirip dengan lembaga-lembaga survei lainnya, jadi survei ini cukup objektif,” imbuh Ujang.

Selain itu, Ujang juga menambahkan bahwa dalam survei politik itu memiliki 3 hal yang perlu diperhatikan oleh Sahabat Ganjar supaya bisa meningkatkan data statistik yang masih memiliki kekurangan.

“Jadi modal capres itu popularitas, dari kesukaan masyarakat, dan elektabilitas, Dalam survei itu ada 3 hal, dia bisa naik, bisa stag, bisa turun, nah potensi pak Ganjar untuk bisa naik itu tinggi karena angka 8,1,” ucap Ujang.

Baca juga: Saga akan Hadiri Peresmian Rumah Aspirasi Relawan Pemenangan

Dalam beberapa segmen, Ganjar Pranowo masih memerlukan usaha dari banyak elemen untuk meningkatkan angka statistik tersebut.

“Ini kalau diborong dengan kerja partai, kerja relawan, dan kerja individu itu ya maka bisa menaikan popularitas dari bapak Ganjar tersebut,” tambah Ujang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat