androidvodic.com

Jokowi Ajak Prabowo-Ganjar Blusukan di Pasar, Kode Ingin Keduanya Duet di Pilpres? Ini Kata Pengamat - News

News - Pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing, menilai kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo blusukan di Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023), tak lepas dari agenda politik.

Blusukan dilakukan Jokowi bersama Prabowo dan Ganjar setelah ketiga tokoh politik itu sama-sama hadir dalam pembukaan Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 di Pekalongan.

"Tentu kalau dilihat dari kemungkinan, tentu hanya Pak Jokowi yang mengetahui motif atau tujuan mengajak Prabowo dan Ganjar blusukan."

"Namun dari aspek komunikasi, ada komunikasi verbal dan non verbal. Mengajak Prabowo dan Ganjar adalah lambang non verbal, dan sebagai tokoh politik, maka tidak lepas dari agenda politik," ungkap Emrus saat dihubungi Tribunnews, Selasa.

Menurut Emrus, hal itu tidak terlepas dari hal yang di-setting.

Sosok Prabowo dan Ganjar dinilai merupakan dua bakal Capres yang memiliki visi melanjutkan pembangunan Presiden Jokowi.

"Karena mereka membawa visi yang sama, tentu Pak Jokowi happy dengan itu, karena program yang sudah dijalankan ada kepastian akan dilanjutkan," ungkapnya.

"Tapi saya juga bisa memaknai, tidak tertutup kemungkinan keinginan Bapak Presiden, boleh jadi, ingin mereka berdua dipasangkan," ungkap Emrus.

Baca juga: Jokowi Ajak Ganjar dan Prabowo Blusukan ke Pasar Grogolan Pekalongan

Lebih lanjut, Emrus mengatakan dalam pertemuan tokoh politik pasti ada ranah yang tidak disampaikan ke publik.

Termasuk Jokowi yang tidak menutup kemungkinan berdialog terkati hal privat bersama Prabowo dan Ganjar.

"Dengan diajaknya Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, pasti ada pembicaraan privat, teritorial private yang tidak terekspos media," katanya.

Pakar Komunikolog, Emrus Sihombing
Pakar Komunikolog, Emrus Sihombing (IST)

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengajak dua bakal calon presiden, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo blusukan di Pasar Grogolan, Pekalongan.

Jokowi tampak mengenakan baju putih, demikian juga dengan Prabowo.

Sementara Ganjar mengenakan kemeja batik panjang lengkap dengan peci.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat