androidvodic.com

Memaknai Simbol Jempol & Telunjuk Jokowi yang Mengarah ke Prabowo saat Berinteraksi di Pekalongan - News

News, JAKARTA - Pengamat Politik Ujang Komarudin menganalisa simbol-simbol yang ditujukan Presiden Jokowi kepada calon presiden 2024.

Ujang menilai simbol yang ditujukan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto semakin terlihat jelas dan nyata.

Ujang menganalisa hal itu dari sebuah momen yang baru saja terjadi dan masih hangat jadi perbincangan netizen di sosial media.

Saat itu terlihat sebuah momen ketika Prabowo turut mendampingi Jokowi di Pasar Tradisional Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah guna mengecek bahan dasar pokok, Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Jokowi Ajak Prabowo-Ganjar Blusukan di Pasar, Kode Ingin Keduanya Duet di Pilpres? Ini Kata Pengamat

"Sejumlah simbol kekompakan diantara keduanya sangat jelas terlihat ketika Prabowo dan Jokowi sama-sama mengenakan baju berwarna putih. Sementara, Ganjar tidak," ucap Ujang.

Kemudian, Ujang juga menelisik simbol telunjuk Jokowi kepada Prabowo ketika keduanya sama-sama berinteraksi dengan masyarakat di sekitar Pasar Grogolan, Pekalongan, Jateng.

"Jokowi terlihat amat jelas dan nyata menunjuk Prabowo bahkan memberikan simbol jempol tangannya ke arah Prabowo dan bukan ke arah Ganjar," kata Ujang.

"Artinya, Pak Jokowi endorse Pak Prabowo ketimbang Ganjar. Sering kan Prabowo diajak kunker jalan bareng ke daerah-daerah."

"Ini menunjukkan kedekatan yang tersirat dan masyarakat juga teriaki Prabowo presiden dan Jokowi nunjuk Prabowo. Itu juga simbol dukungan Jokowi kepada Prabowo yang ingin menunjukkan bahwa Prabowo adalah penggantinya Jokowi," terang Ujang.

Ujang menambahkan bahwa simbol jempol dan telunjuk Jokowi itu betul-betul menyiratkan dukungan pada Prabowo yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Jokowi guna melanjutkan kebijakannya kelak.

Baca juga: Gibran Diduga Curi Start Kampanye usai Tempel Stiker Ganjar, Akui Siap Diperiksa Bawaslu: Kami Siap

"Ini simbol jempol simbol oke dan setuju. Saya melihat keduanya dekat, kompak, punya visi yang sama kepentingan yang sama. Jokowi ingin kebijakannya dilanjutkan disaat yang sama Prabowo juga ingin melanjutkan kebijakan Jokowi ketika terpilih presiden 2024 nanti," ujar Ujang.

Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Prabowo ketika mendapatkan restu dari Jokowi.

Apalagi semakin hari kian nyata Prabowo dapat dukungan penuh dari Presiden Jokowi.

Diketahui, Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo memang dalam satu momen sama-sama usai menghadiri acara Mukhmatar Sufi International di Sahid International Convention Center.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat