androidvodic.com

Demokrat: Keputusan MTP Menetapkan Dukung Prabowo Subianto jadi Capres - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Partai Demokrat telah secara resmi menyampaikan hasil keputusan Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat yang diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakni dengan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024.

Demikian keterangan itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya usai adanya pertemuan antara SBY dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan para ketua umum parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pertemuan itu terjadi di kediaman Prabowo Subianto, di Hambalang, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023) malam.

"Dalam pertemuan sore tadi di Hambalang, Ketua Umum Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan MTP Demokrat yang menyatakan Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024," kata Riefky dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Adapun deklarasi resmi untuk keputusan ini, akan disampaikan langsung oleh AHY selaku Ketua Umum Partai Demokrat pada saat Rapa Pimpinan Nasional (Rapimnas) Demokrat.

Rencananya kata Riefky, agenda Rapimnas itu bakal digelar pada 21 September mendatang.

"Deklarasi akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat, hari Kamis, 21 September 2023, yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia," tutur dia.

Baca juga: Gerindra Tegaskan Demokrat dapat Porsi yang Sama di KIM, Termasuk Soal Penentuan Cawapres

Dalam pertemuan tadi sore, turut hadir para pimpinan Parpol anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo Subianto sebagai capres yaitu Partai Golkar, PAN, PBB, Partai Gelora, PSI, Partai Garuda, dan Partai Prima.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya (IST)

SBY akan Turun Gunung dukung Prabowo

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi, membenarkan kalau Partai Demokrat akan segera bergabung dengan koalisi pendukung Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres).

Viva Yoga lantas membeberkan alasan Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyatakan dukungan untuk Ketua Umum Partai Gerindra itu usai menjomblo karena keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Dia menjelaskan, salah satunya yakni karena SBY dengan Prabowo Subianto memiliki kenyamanan.

"Pak SBY menyatakan bahwa ke Pak Prabowo nyaman, sama-sama sebagai saudara dari keluarga besar di Tidar," kata Viva Yoga kepada awak media di Kediaman Prabowo Subianto, Hambalang, Bogor Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Tak hanya itu, SBY kata Viva Yoga juga tidak hanya kali ini bekerja sama politik dengan Prabowo.

Pada pilpres 2019 sebelumnya, Demokrat termasuk dalam koalisi pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno

"Selama ini pernah menyatakan dukungan dan bekerja sama di Pilpres sebelumnya," beber Viva Yoga.

Lebih jauh, SBY kata Viva Yoga juga akan turun gunung, dalam artian memberikan dukungan langsung kepada Prabowo Subianto.

"Dan Pak SBY sendiri menyatakan akan ikut turun gunung untuk mau memperjuangkan Pak Prabowo menjadi Presiden," tukas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat