androidvodic.com

Meski Elektabilitas Tinggi, Ridwan Kamil Dinilai Sulit Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Pengamat Politik Univeristas Al Azhar Ujang Komaruddin menilai berat buat Ridwan Kamil atau RK maju sebagai bacawapres pendamping Ganjar Pranowo.

"Memang RK elektabilits tinggi dan (Ketua Umum PDIP) Megawati juga menginginkan, tapi Golkarnya kan enggak mau, secara kelembagaan sudah membuat sikap yang menolak Ridwan Kamil sebagai cawapres kan itu sangat jelas arahnya," kata Ujang kepada Tribunnews, Senin (18/9/2023).

Baca juga: Peta Kekuatan Ridwan Kamil dan Mahfud MD Jika Jadi Cawapres Ganjar Pranowo Menurut Hasil Survei

Ujang meyakini bahwa RK bakal lebih diprioritaskan untuk maju di Pilkada DKI 2024.

"Plihannya itu jadi Golkar sangat tegas, peluang RK itu jadi sangat kecil pasca Golkar membuat sikap dan menolak Ridwan Kamil sebagai cawapresnya," tambah dia.

Soal kemungkinan Golkar maun 'dua kaki', Ujang menilai hal tersebut tidak mungkin, terlebih Golkar sudah memutuskan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Dalam konteks ini tidak, sebelumnya iya, tapi saat Golkar mengatakan bahwa RK bukan cawapresnya Ganjar, Golkar tegas bahwa sikap Golkar ke Prabowo," kata Ujang.

"Lalu menawarkan Airlangga sebagai cawapres walaupun ujungnya belum tentu juga Airlangga dipilih sebagai cawapres," pungkas dia.

Baca juga: Tak Direstui Jadi Cawapres, Ridwan Kamil Disiapkan Golkar Jadi Calon Gubernur Jabar atau DKI Jakarta

Diketahui, Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru simulasi tiga pasangan cqpres dan cawapres. 

Dalam hasil survei simulasi yang dilakukan pada 5-8 September 2023, duet Ganjar Pranowo - Ridwan Kamil unggul atas pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto - Erick Thohir.

Duet Ganjar - Ridwan Kamil punya keterpilihan 35,4 persen, disusul Prabowo - Erick 31,7 persen, dan Anies - Cak Imin 16,5 persen.

“Survei menemukan bahwa Ganjar-Ridwan Kamil mendapatkan 35,4 persen. Kemudian Anies-Muhaimin 16,5 persen dan Prabowo-Erick 31,7 persen,” kata pendiri SMRC, Saiful Mujani memaparkan hasil survei di kanal Youtube SMRC TV, Jumat (15/9/2023).

Saiful mengatakan, meski telah mengumumkan sosok cawapresnya sejak dini, namun Cak Imin belum memiliki efek yang bisa meningkatkan elektabilitas Anies.

“Walaupun muncul secara mengejutkan, belum punya efek yang menaikkan dukungan yang signifikan pada Anies ketika dia berpasangan dengan Muhaimin,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat