androidvodic.com

Pengamat Nilai Kaesang Gabung PSI Jadi Agenda Perkuat Dukungan Jokowi untuk Prabowo - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi menjadi kader dan didapuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 

Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menilai bergabungnya Kaesang dengan PSI memperkuat agenda politik keluarga Jokowi di Pilpres 2024, yaitu mendukung Prabowo Subianto.

"Pemilih PSI dan PDI-P itu sama. Hal ini yang mempersulit koalisi dua partai ini, meskipun sebelumnya PSI sudah lebih awal mendukung Ganjar sebagai capres. Ketika PSI mendekat ke Prabowo, pada momentum selanjutnya Kaesang bergabung dengan partai berlawang mawar ini,” ujar Arifki dalam pesan yang diterima, Selasa (26/9/2023).

Bergabungnya Kaesang sebagai kader PSI, salah satunya didukung muncul baliho putera bungsu presiden Jokowi yang bakal maju sebagai calon walikota depok. 

Agenda ini, salah satu strategi PSI untuk menarik pemilih yang suka dengan Jokowi. Dengan memanfaatkan popularitas Kaesang, PSI berusaha mengubah citra partainya dari partai non-parlemen menjadi partai parlemen di Pemilu 2024. 

Namun, dengan bergabungnya Kaesang ke PSI bakal mempersulit hubungan Jokowi dengan PDI-P. 

Pasalnya, Arifki menyebut di PDI-P ada aturan kalau satu keluarga tidak boleh berbeda partai. 

Aturan partai ini bisa saja membuat jarak Jokowi dengan Megawati semakin jauh.

"Kaesang gabung ke PSI tidak hanya soal pertarungan merebut pemilih antara PDI-P dan PSI makin kencang. Tetapi, ini juga mempersulit hubungan Jokowi dengan PDI-P, terutama Megawati, ” tutup Arifki.

Sebelumnya Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi menunjuk Putra Bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI. 

Baca juga: Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI Gantikan Giring Ganesha, Begini Respons Ganjar Pranowo

Kopdarnas PSI yang bertajuk deklarasi politik PSI tersebut digelar di Djakrta Theater, Jakarta Pusat. Acara ini pun dihadiri langsung oleh Kaesang yang ditemani sang istrinya.

"Lalu, siapa yang menjadi Ketua Umum PSI," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie dalam Kopdarnas PSI.

"Kaesang, Kaesang, Kaesang," sambut ribuan kader PSI.

Selanjutnya, PSI pun memutar rekaman yang menunjukkan teaser video Kaesang. Dalam video itu, terlihat Kaesang memakai sebuah jas berwarna merah dan bertuliskan Ketua Umum PSI.

Kemudian, Grace pun memanggil Kaesang naik ke atas panggung. Terlihat, Kaesang yang memakai kemeja kotak-kotak langsung dipanggil sebagai Ketum PSI.

"Kita sambut Ketum baru kita Kaesang Pangarep," jelas.

Baca juga: Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI Gantikan Giring Ganesha, Begini Respons Ganjar Pranowo

Keputusan itu pun langsung disambut riuh ribuan kader PSI yang hadir dalam Kopdarnas. Mereka pun meneriakan nama Kaesang.

Adapun Giring Ganesha kini diangkat menjadi Anggota Dewan Pembina PSI. Tak hanya itu, Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka juga diangkat menjadi Anggota Dewan Pembina PSI

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat