androidvodic.com

Menanti Putusan MK 10 Hari Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Anies Siap Datang Paling Pagi ke KPU - News

News, JAKARTA - Komisi Pemilihian Umum (KPU) RI akan membuka pendaftaran capres-cawapres di Pilpres 2024 pada 19 Oktober 2023 hingga 25 Oktober 2023.

Jadwal pendaftaran yang tinggal 10 hari ini menjadikan para bakal calon presiden (bacapres) harus segera memilih pasangannya.

Hingga saat ini baru Anies Baswedan mendeklarasikan akan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar.

Sementara Prabowo Subianto dan Ganjar Prabowo belum ada tanda-tanda bakal menggandeng cawapres.

Diketahui, penetapan capres dan cawapres bakal diumumkan pada 13 November 2023

Majunya tanggal penetapan capres-cawapres ini jadi 13 November 2023 dilakukan karena dalam Perppu Pemilu yang terbit awal tahun ini.

Penetapan capres-cawapres harus dilakukan 15 hari sebelum kampanye dimulai pada 28 November 2023.

Akibatnya, masa pendaftaran hingga penetapan capres-cawapres akan lebih singkat.

Ada tahapan yang akan lebih padat, yaitu usul penggantian, tes kesehatan, dan verifikasi calon pengganti.

Lalu bagaimana persiapan bakal capres yang akan maju di Pemilu 2024?

Anies bakal daftar paling pagi

Bakal calon presiden (bacapres) koalisi perubahan, Anies Baswedan mengaku siap mendaftar paling pagi jika Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah membuka pendaftaran capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Nantinya, kata Anies, Ia dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bakal menjadi pasangan capres-cawapres yang mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mendatangi Baintelkam Polri di Gedung Tripatra, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023). Kedatangan Anies hendak mengurus form Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai syarat pendaftaran Capres di KPU.
Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mendatangi Baintelkam Polri di Gedung Tripatra, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (25/9/2023). Kedatangan Anies hendak mengurus form Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai syarat pendaftaran Capres di KPU. (ist)

"Insyaallah paling pagi daftar itu," kata Anies saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2023).

Anies mengaku tidak ada persiapan khusus untuk pendaftaran KPU tersebut. Ia hanya menyatakan seluruh persiapan sudah dinyatakan lancar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat