androidvodic.com

Denny JA: Elite Politik Perlu Lebih Rileks Menilai Survei Pilpres - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengatakan para elite politik perlu lebih rileks dalam menanggapi sederet hasil survei yang dipublikasi menjelang pesta demokrasi.

"Penting bagi para elit politik, menghadapi Pilpres 2024, untuk lebih rileks dalam membaca hasil survei," kata Denny, Kamis (12/10/2023).

Ia juga menyebut para elite politik atau pihak yang terkait survei, perlu juga melihat apakah lembaga survei tersebut kredibel.

Misalnya saja dengan melihat rekam jejak digital melalui alat pencarian yang tersedia seperti Google.

"Tiga tips sederhana bisa digunakan. Pertama, lihat track record lembaga survei itu. Bukankah ini era pencarian Google? Segala hal bisa kita lihat jejak digitalnya di Google," ujarnya.

Ia mencontohkan LSI Denny JA yang saat ini jadi salah satu lembaga survei tertua dan masih aktif menggelar jajak pendapat opini publik.

Denny menerangkan sejak tahun 2004, sebulan sebelum hari pencoblosan, LSI Denny JA memberikan satu publikasi mengenai siapa yang menang di Pilpres saat itu.

Di tahun 2004, SBY terpotret akan menang. Di tahun 2009, SBY akan menang satu putaran. Kemudian di tahun 2014, ataupun 2019, LSI Denny JA juga mempublikasikan, Jokowi akan menang.

Hasil survei tersebut kemudian terbukti saat mereka yang dinyatakan unggul di survei, memenangkan kontestasi Pilpres.

"Semua bisa dilihat di Google," jelas Denny.

Namun ia tak memungkiri ada lembaga survei yang namanya baru terdengar kemarin sore dan belum ada rekam jejak yang akurat.

Tips kedua untuk menilai sebuah lembaga survei kredibel yakni dengan melihat reputasinya. Selain itu dapat dinilai kiprahnya atau torehannya.

Sebagai contoh lanjutnya, LSI Denny JA mendapatkan penghargaan dari majalah TIME, serta Guinness Book of World Record karena memecahkan rekor dunia untuk pendidikan politik. Selain itu ada pula penghargaan dari organisasi wartawan PWI Jaya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat