androidvodic.com

Ciptakan Pemilu 2024 Damai, Menkominfo Budi Arie Bakal Fokus Tiga Hal Ini - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menyampaikan bakal fokus menciptakan Pemilu damai.

Terkait hal itu, Budi menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi fokusnya dalam merealisasikan hal tersebut. Di antaranya hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian.

"Tiga hal yang kita lawan untuk pemilu. Satu hoaks, kedua yaitu fitnah, ketiga itu ujaran kebencian," kata Budi Arie, saat ditemui di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (15/10/2023).

Baca juga: Gugatan Batas Usia di MK, Pengamat Soroti Masifnya Judicialisasi Politik Dalam Pengaturan Pemilu

Budi Arie kemudian menjelaskan, ketiga hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak produktif dan hanya menimbulkan perpecahan.

Ia menyebut akan menyiapkan langkah-langkah sesuai dengan Undang-undang (UU) yang berlaku untuk menangkal hoaks, fitnah dan ujaran kebencian di Pemilu 2024.

"Karena itu enggak produktif dan hanya memecah belah masyarakat kita. Kami akan melakukan langkah langkah sesuai dengan UU yang berlaku termasuk men-takedown, termasuk apapun," ucap Budi.

Lebih lanjut, Budi Arie mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa lembaga atau instansi untuk menjaga situasi Pemilu 2024. Di antaranya, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dan pihak kepolisian.

"Dengan KPU, Bawaslu dan kepolisian dan semua kementerian lembaga yang bertanggungjawab pemilu damai 2024," katanya.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka pendaftaran capres-cawapres, mulai 19-25 Oktober 2023. Sedangkan, penetapan pasangan calon bakal dilakukan, pada 13 November 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat