androidvodic.com

Rocky Gerung: Megawati Harusnya Pecat Jokowi dan Gibran dari PDIP - News

News - Akademisi dan pengamat politik Rocky Gerung menilai kesabaran Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, tengah diuji dengan langkah sikap dua kader mereka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Diketahui, Jokowi dan Gibran sama-sama hadir dalam Rakernas VI Relawan Pro Jokowi (Projo).

Meski Jokowi dalam berpidato tidak mengucapkan dukungannya terhadap bacapres tertentu, namun Projo seusai acara mendeklarasikan Prabowo Subianto untuk didukung di Pilpres 2024.

Gibran juga dikaitkan akan menjadi cawapres mendampingi Prabowo bila Mahkamah Konstitusi (MK) menyetujui untuk menyunat batas minimum usia capres/cawapres.

Rocky menilai, pubik mungkin berpandangan agar Megawati memecat Jokowi dan Gibran dari PDIP.

"Kira-kira batas kesabaran Megawati akan diuji hari-hari ini."

"Tapi saya kira, dalam pikiran publik, sebaiknya ini yang terjadi tuh. Harusnya Mega langsung secara deklarasi pecat Gibran dan pecat Jokowi. Kan itu yang ditungggu publik kan," ungkap Rocky, Sabtu (14/10/2023), dikutip dari YouTube Rocky Gerung Official.

Baca juga: Dulu Bareng Prabowo Daftarkan Partai, Cak Imin Kini Siap ke KPU Bareng Anies Daftar Capres-Cawapres

Diketahui, peluang Gibran untuk maju Pilpres 2024 sebagai cawapres terganjal Undang-Undang No 7 tahun 2017 pasal 169 huruf q, yang mensyaratkan usia capres maupun cawapres harus 40 tahun ke atas.

Aturan tersebut tengah diuji materi di Mahkamah Konstitusi (MK), dan para hakim akan mengumumkan keputusannya pada Senin (16/10/2023).

Namun, uji materi itu dinilai banyak pihak hanya untuk memberi karpet merah terhadap Gibran untuk maju Pilpres 2024. Terlebih, Ketua MK, Anwar Usman adalah ipar Jokowi.

Ketua MK Anwar Usman saat ditemui di kawasan Gedung MK, Jakarta, Selasa (3/10/2023).
Ketua MK Anwar Usman saat ditemui di kawasan Gedung MK, Jakarta, Selasa (3/10/2023). (News/ Mario Sumampow)

Gibran Auto Keluar dari PDIP bia Maju Jadi Cawapres Prabowo

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, menanggapi soal nama Gibran Rakabuming Raka yang kian menguat menjadi pendamping bakal calon presiden (capres), Prabowo Subianto. 

Rudy mengatakan, Gibran otomatis keluar dari PDIP jika nantinya menerima pinangan Prabowo sebagai cawapres di Pilpres 2024. 

"Aturan partai sudah jelas, kalau sudah kamu di PDIP dicalonkan di partai lain ya otomatis (hangus keanggotaan) to, lha yang mencalonkan itu di mana, siapa, sebagai apa."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat