androidvodic.com

Lemhanas: Pengunduran Diri Andi Widjajanto Wujud Etika dalam Profesi dan Politik - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Andi Widjajanto telah resmi mengundurkan diri dari jabatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI dengan pertimbangan ingin fokus bekerja di Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP).

Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geopol dan Wasantara Lemhannas RI, Laksamana Muda (Laksda) TNI Rachmat Hartoyo mengatakan langkah Andi merupakan contoh positif etika profesi dan politik.

“Kasus etika profesi selalu berkaitan dengan politik di Indonesia. Pelanggaran etika pimpinan atau pejabat negara sudah sering terjadi dan sulit dihindari akibat adanya kepentingan. Namun, muncul sosok role model yang memberikan contoh positif etika profesi dan politik,” ujar Laksda TNI Rachmat Hartoyo dalam keterangannya, Kamis (19/10/2023).

Rachmat Hartoyo menjelaskan bahwa kode etik pegawai baik di Kementerian dan Lembaga memiliki peraturan institusinya masing-masing.

Lemhannas RI memiliki Peraturan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia Nomor 09 Tahun 2016 Tentang Kode Etik Pegawai Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

Baca juga: TPN Ganjar Konfirmasi Andi Widjajanto Sudah Mundur dari Jabatan Gubernur Lemhannas

Penerapan aturan kode etik tersebut banyak memiliki pertimbangan seperti Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

“Tujuan dari kode etik pegawai Lemhannas RI ini ditunjukkan oleh Andi Widjajanto yang menjaga martabat, kehormatan, dan citra Lemhannas RI, memacu produktivitas, dan keharmonisan hubungan dalam lingkungan kerja, keluarga dan masyarakat.” terang Rachmat Hartoyo.

“Andi Widjajanto mengundurkan diri sebagai Gubernur Lemhannas RI karena adanya amanah dan tanggung jawab sebagai anggota inti Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo yang akan maju pada kontestasi pemilihan Presiden 2024.” tambahnya.

Menurut Rachmat, kendati etika politik di Indonesia mulai pudar, sosok Andi Widjajanto berhasil membuktikan bahwa masih ada pemimpin yang jujur, amanah, dan memiliki akhlak.

Politik integritas yang muncul pada Andi Widjajanto menunjukkan bahwa pengunduran diri tersebut bukan karena hukum atau aturan, tetapi kewajiban sebagai pemimpin yang beretika.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat