androidvodic.com

RSPAD Gatot Soebroto Libatkan 50 Dokter Periksa Kesehatan Anies-Cak Imin, Berlangsung 8-10 Jam - News

Laporan Wartawan News, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

Pemeriksaan kesehatan ini sebagai salah satu syarat untuk menjadi peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen Albertus Budi Sulistya mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mengecek kondisi jasmani dan rohani para paslon serta tes bebas penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba.

Baca juga: Menu Puasa Anies Baswedan Sebelum Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSPAD, Tempe hingga Sayur Bayam

aswedan dan Cak Imin saat menvv
Anies Baswedan dan Cak Imin saat menggunakan kimono sebelum memulai tes kesehatan sebagai syarat menjadi capres cawapres di RSUD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Dalam tahapan tes kesehatan ini, RSPAD melibatkan 50 dokter dan juga kolegium terkait.

"Kurang lebih sekitar 50 orang dokter baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan," ujar Budi dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu pagi. 

Pemeriksaan hari ini bakal berlangsung kurang lebih dari 8 hingga 10 jam yang berarti bakal selesai paling lambat pukul 17.00 WIB. 

"Pemeriksaan akan dilaksanakan dengan durasi kurang lebih antara 8 sampai 10 jam. Sangat tergantung pengisian MMPI-nya dan sebagainya," tuturnya. 

Para pasangan capres-cawapres yang telah mendaftar secara resmi ke KPU harus mengikut rentetan tes kesehatan yang difasilitasi langsung oleh lembaga penyelenggara ini sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) 19/2023.

Menyusul Anies-Imin, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal melakukan tes serupa keesokan harinya pada Minggu (22/10/2023). 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat