androidvodic.com

Survei LSI: Sikap Masyarakat Terbelah Terhadap Putusan MK Soal Syarat Usia Capres-Cawapres - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan sikap masyarakat cukup terbelah terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian gugatan perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 terkait persyaratan usia calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan survei tersebut menunjukkan responden yang tahu atau yang mengikuti berita atau isu tentang keputusan MK tersebut baru 37,2 persen. 

Menurutnya, angka tersebut belum menunjukkan suara mayoritas.

Hal tersebut disampaikannya di kanal Youtube Lembaga Survei Indonesia bertajuk Sikap Publik terhadap Putusan MK dan Dampaknya terhadap Dukungan Politik dalam Pemilu 2024 disiarkan Minggu (22/8/2023).

"Apakah masyarakat setuju atau tidak setuju dengan keputusan MK? Secara umum, artinya di semua responden, baik yang tahu atau tidak tahu kita tanyakan apakah keputusan MK itu mereka setuju apa nggak. Secara umum itu setuju 46 persen, yang tidak setuju atau kurang setuju 39,3 persen. Cukup terbelah," kata dia.

"Sama halnya dengan di kalangan yang tahu atau mengikuti keputusan MK itu ada 48 (48,3) persen yang setuju, ada 43 (42,7) persen yang tidak setuju. Jadi seperti yang saya bilang tadi, banyak yang bereaksi negatif, banyak juga yang bereaksi positif," sambung dia.

Metodologi Survei yang Diklaim

Survei dilakukan pada 16 sampai 18 Oktober 2023.

Target populasi survei adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/ponsel, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) yang merupakan teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Baca juga: Dampak Putusan MK, Masinton PDIP Sebut Siapapun yang Menang Pemilu 2024 Bakal Dipertanyakan Rakyat

Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat