androidvodic.com

Hasil Tes Kesehatan Tiga Bakal Capres Cawapres Diserahkan RSPAD ke KPU pada Jumat Mendatang - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Hasil tes kesehatan tiga pasang bakal calon presiden (capres) calon wakil presiden (cawapres) bakal diserahkan oleh pihak Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat (27/10/2023).

“Hasil dari tiga bakal pasangan calon tersebut oleh tim pemeriksa RSPAD Gatsu akan disampaikan pada KPU secara resmi pada hari Jumat sekira jam 14.00 siang,” ujar Hasyim di kantornya, Rabu (25/10/2023).

Hasil tes pemeriksaan itu merupakan salah satu dari rangkaian verifikasi atau penelitian administrasi syarat bakal capres cawapres.

Keseluruhan hasil verifikasi ini nantinya bakal diumumkan ole KPU pada tanggal 13 September mendatang lalu disusul pengundian nomor urut pasangan capres cawapres di hari berikutnya.

Dalam tahapan pendaftaran capres cawapres, para bakal calon harus melakukan tes kesehatan di rumah sakit pemerintah yang difasilitasi oleh KPU.

Bakal capres cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Koalisi PDIP Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendaftar di hari masa pendaftaran dibuka, 19 Oktober lalu.

Kedua pasangan calon juga telah melakukan tes kesehatan. Anies-Cak Imin pada 21 Oktober, menyusul besoknya pasangan Ganjar-Mahfud.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen Albertus Budi Sulistya mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mengecek kondisi jasmani dan rohani para paslon. Serta tes bebas narkoba.

Dalam tahapan tes kesehatan ini, RSPAD melibatkan 50 dokter dan juga kolegium terkait.

"Kurang lebih sekitar 50 orang dokter baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan," ujar Budi dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (21/10/2023).

Estimasi tes kesiapan bakal berlangsung kurang lebih dari 8 hingga 10 jam dengan beberapa rangkaian pemeriksaan jasmani, rohani, hingga tes bebas narkoba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat