androidvodic.com

Pihak RSPAD Gatot Soebroto Bantah Isu Prabowo Mengalami Stroke - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Isu bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto mengalami stroke sebanyak dua kali dibantah oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya membantah.

Sebagaimana diketahui Prabowo dan semua bakal peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menjalani tes kesehatan sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Baca juga: Hasil Tes Kesehatan di RSPAD, Tiga Pasangan Capres-cawapres Dinyatakan Bebas Narkoba

Mereka semua diperiksa oleh 50 dokter di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. 

Budi menegaskan ia lebih mempercayai hasil pemeriksaan terhadap Prabowo yang dilakukan oleh tim dokternya ketimbang isu yang beredar. 

"Itu dominannya ya, saya lebih percaya kepada tim pemeriksa daripada informasi yang tidak berdasar," kata Budi di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Baca juga: RSPAD Gatot Soebroto & KPU Ungkap Hasil Tes Kesehatan Ganjar-Mahfud MD

Saat ditanya mengenai hasil pemeriksaan kesehatan Prabowo, dokter Budi menyebut dirinya tak bisa membongkar secara rinci kepada publik. Dia hanya mengatakan tim pemeriksaan telah melakukan pemeriksaan kesehatan dengan baik dan menyeluruh.

"Saya tidak bisa menyampaikannya di sini, tapi jelas tim pemeriksa melakukan pemeriksaan dengan sangat baik dan ya itu tadi, lebih percaya fakta dari pada hoaks," jelasnya.

"Saya lebih percaya pada hasil pemeriksaan tim dokter kami. Tim yang kami bentuk dan jangan sampai termakan oleh hoaks," sambung Budi. 

Sebagai informasi rangkaian hasil tes kesehatan semua bakal capres cawapres telah diserahkan oleh RSPAD Gatot Subroto kepada KPI RI hari ini. 

Adapun hasil pemeriksaan yang diserahkan itu milik pasangan bakal capres cawapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN), Ganjar Pranowo - Mahfud MD, dan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Prabowo Ngaku Was-was Tunggu Vonis Pemeriksaan Kesehatan dari Dokter RSPAD

Dari hasil pemeriksaan ini, nantinya KPU akan menyimpulkan bahwa bakal capres atau cawapres dinyatakan mampu dan layak untuk bisa melanjutkan berkontestasi di pilpres 2024. 

Diketahui, rangkaian tes kesehatan yang diikuti para pasangan calon ini diatur dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 1374/2023 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2024. 

KPU menunjuk Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sebagai tempat pemeriksaan kesehatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat