androidvodic.com

Pemuda Diharapkan Jadi Pilar Penting Pastikan Pemilu Berintegritas dan Mencerminkan Aspirasi Rakyat - News

News, JAKARTA – Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024.

Pada Pemilu 2024 nanti menjadi peran penting pemuda dalam menentukan arah masa depan negara ini. 

Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda hari ini, dalam menghadapi pemilu mendatang, pemuda di seluruh tanah air dihadapkan pada berbagai tantangan yang memerlukan perhatian dan keterlibatan aktif.

Pemilu 2024 merupakan momen krusial bagi Indonesia dimana di tahun yang sama ada 3 perhelatan besar yakni Pilpres, Pileg dan Pilkada.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024 kurang lebih 204 juta dan kurang lebih 53 persennya adalah pemilih pemula atau generasi Z.

"Pemuda adalah generasi yang akan mewarisi hasil keputusan pemilu 2024 dan kesadaran akan dampak keputusan tersebut sangat penting," ujar Direktur Eksekutif Indigo, Radian Syam kepada wartawan, Sabtu (28/10/2023).

Baca juga: 60 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2023 dengan Tema Bersama Majukan Indonesia

Radian pun menambahkan keterlibatan politik bagi pemuda menjadi penting untuk aktif terlibat dalam proses politik, mulai dari pemahaman isu-isu hingga partisipasi dalam pemilihan, pendidikan politik, memanfaatkan teknologi, dan turut serta dalam kampanye pemilihan.

Pemuda diharapkan menjadi pilar penting dalam memastikan pemilu berlangsung sukses dan mencerminkan aspirasi rakyat. 

"Antusiasme pemuda adalah kunci untuk masa depan demokrasi yang cerah di Indonesia, namun harus juga disadari untuk tetap bijak dalam melihat kondisi Politik terlebih harus “Smart People are Never Controlled by Smartphone"," ujar Radian Syam yang juga merupakan Pengajar Hukum Tata Negara pada Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Bahkan di hari sumpah pemuda ini Radian pun menyebutkan masa depan negara ini tergantung pada partisipasi aktif rakyat dalam pemilu 2024.

Serta Pemilu 2024 adalah kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk berbicara dan memengaruhi arah negara. 

"Mari bersatu dan bersama-sama menuju masa depan yang lebih baik untuk terus mengkampanyekan pentingnya untuk tetap beretika dalam menjalankan Pemilu agar berintegritas, stop hoax, stop politik uang, karena di dalam pemilu ada hak Konstitusional Rakyat yang harus dijaga," ujarnya.

Lebih lanjut Radian mengatakan, Pemilu serentak 2024 bukan hanya menjadi tugas penyelenggara pemilu, tapi juga menjadi tugas seluruh rakyat Indonesia, termasuk generasi milenial yang cerdas dan kritis, yang mendambakan pemimpin yang jujur dan amanah, mampu membawa pada kemajuan.

“Generasi milenial jangan hanya menjadi penonton dan jangan hanya melaksanakan haknya saja, generasi muda generasi milenial harus mampu menebar energi positif, menebarkan virus-virus kebaikan, khususnya dalam hal pelaksanaan pengawasan pemilu partisipatif,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat