androidvodic.com

Perjalanan Karier Anwar Usman jadi Ketua MK, Kini Disanksi Pemberhentian dari Jabatan - News

News - Profil dan perjalanan karier Anwar Usman, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang kini mendapat sanksi dari Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Diketahui, Anwar Usman dijatuhi sanksi pemberhentian dari jabatannya buntut putusan batas usia capres-cawapres.

"Menyatakan Hakim Terlapor melakukan pelanggaran berat terhadap Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi sebagaimana tertuang dalam Sapta Karsa Hutama, Prinsip Ketakberpihakan, Prinsip integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip kepantasan dan Kesopanan."

"Menjatuhkan sanksi pemberhentian dari jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi kepada Hakim Terlapor," kata Ketua MKMK, Jimly Asshiddiqie di sidang etik sembilan hakim MK di Gedung MK, Selasa (7/11/2023).

Jimly lantas memerintahkan Wakil Ketua MK, Sadli Isra, memimpin penyelenggaraan pemilihan pimpinan yang baru paling lama 2x24 jam, sejak putusan dibacakan.

Baca juga: Rangkuman Putusan Hasil Sidang MKMK Hari Ini, Teguran Lisan untuk 6 Hakim hingga Anwar Usman Dicopot

Selain itu, MKMK menjatuhi sanksi kepada Anwar untuk tidak boleh mencalonkan diri sebagai pimpinan MK hingga masa jabatan berakhir.

Sebelumnya, Anwar Usman yang tak lain adalah paman dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ini terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2023—2028.

Terpilihnya Anwar dan Saldi ini mengacu kepada pemilihan yang dilakukan dan diikuti oleh 9 hakim konstitusi di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2023).

Lantas, siapakah sosok Anwar Usman, adik ipar Joko Widodo (Jokowi)?

Profil dan Perjalanan Karier Anwar Usman

Anwar Usman merupakan seorang hakim konstitusi yang menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

Ia lahir pada 31 Desember 1956.

Dikutip dari mkri.id, semasa kecil, Anwar Usman bersekolah di SDN 03 Sila, Bima pada 1969,

Ia melanjutkan ke Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) selama 6 tahun hingga 1975.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat