androidvodic.com

Dukungan dari Sederet Tokoh Berpengaruh, Prabowo-Gibran Disebut Konsisten Menguat di Jabar - News

News, JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka dinilai semakin kuat di Jawa Barat (Jabar). 

Pasalnya, Prabowo – Gibran saat ini didukung sejumlah tokoh berpengaruh di Jabar yang tergabung ke dalam Tim Kampanye Nasional (TKN).

Mulai dari mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, mantan Kapolda Jabar Mochammad Iriawan atau Iwan Bule, dan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Selain itu, Prabowo – Gibran juga didukung Ulama Karismatik Jabar seperti KH Adib Roffiudin Izza Pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon dan Habib Ahmad bin Hasan Alaydrus, Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok).

“Tentu kehadiran mereka akan semakin menguatkan Prabowo – Gibran di Jabar,” kata Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin dalam keterangannya, Rabu (8/11/2023)

Melihat komposisi dukungan tersebut, dia pun memprediksi Prabowo – Gibran akan dapat memenangkan Pilpres 2024 mendatang. 

Salah satu alasannya karena Prabowo – Gibran saat ini sudah mempunyai kekuatan modal besar yakni eleltabilitas yang tinggi di Jabar.

“Kalau Jawa Barat sih 2014 menang Prabowo, 2019 juga menang Prabowo jadi 2024 kemungkinan menang lagi,” ucap Ujang.

Kuatnya Prabowo – Gibran di Jabar terlihat dari survei berbagai lembaga. 

Dalam simulasi tiga nama Polling Institute periode 25 – 28 Oktober 2023 merekam elektabilitas Prabowo - Gibran berada di posisi teratas. 

Prabowo – Gibran terekam mendapatkan dukungan sebesar 47,3 persen di Jabar. Kemudian disusul pasangan koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo – Mahfud MD yang memperoleh dukungan sebanyak 27,9 persen dan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar di angka 23,7 persen.

Hasil serupa juga diperlihatkan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 16-20 Oktober 2023 dalam simulasi tiga nama menemukan elektabilitas Prabowo – Gibran di Jabar sebesar 50,7 persen.

Baca juga: Relawan Rumah Gibran Gandeng Kaum Milenial di Jabar Pilih Calon Pemimpin Tepat di Pilpres 2024

Raihan itu mengungguli Anies – Muhaimin dengan 26,8 persen dan Ganjar - Mahfud sebesar 19,7 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat