androidvodic.com

Hasil Survei Terbaru Lanskap dan 4 Lembaga Lain Terkait Elektabilitas Capres-Cawapres, Siapa Unggul? - News

News, JAKARTA - Berikut ini hasil survei terbaru pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024, termasuk hasil survei terbaru lembaga Lanskap yang dirilis melalui Virtual Zoom, hari ini Rabu (8/11/2023).

Lantas seperti apa elektabilitas 3 pasangan capres-cawapres 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud)?

Berikut hasil survei terakhir dari lima lembaga survei

1. Lanskap

Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) baru saja merilis berkenaan dengan elektabilitas pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden mengemuka di antaranya Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, serta Anies-Muhaimin Iskandar.

Hasilnya, dari 3 pasangan capres tersebut, pasangan Prabowo-Gibran masih menduduki posisi puncak dan bertengger di atas survei capai 40 persen.

“Posisi puncak masih diraih bertengger diatas pasangan Prabowo-Gibran 40%, posisi kedua Ganjar-Mahfud 34,3% dan di posisi terakhir yakni Anies-Muhaimin iskandar 20% dan yang belum punya pilihan 5,7%.” papar Mochammad Thoha Direktur Eksekutif Lanskap melalui Virtual Zoom.

Lanskap juga melakukan simulasi 2 nama atau Head to Head antara pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran melawan Ganjar-Mahfud, dimenangkan atas Prabowo-Gibran dengan 52,5%.

“Pasangan Prabowo-Gibran akan keluar sebagai pemenang Pemilu dengan skor 52,5% mengalahkan Ganjar-Mahfud yang mencapai 40,4% sementara belum punya pilihan sebanyak 7,1%.” ujar Mochammad Thoha

Survei Lanskap ini dilakukan pada periode 26 Oktober-2 November 2023 dengan total 880 responden dan menggunakan metode Multistage Random Sampling. Adapun, Margin of Error survei ini kurang lebih 3,3% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Simulasi juga dilakukan terhadap Prabowo-Gibran lawan Anies-Muhaimin Iskandar yang juga dimenangkan Prabowo-Gibran.

Pada saat responden diajukan pertanyaan perihal ‘seandainya, pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini dan berlangsung dalam dua putaran siapakah dari dua pasangan tersebut yang anda pilih?’

“Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran kembali akan keluar sebagai pemenang pemilu dengan skor 55,9% mengalahkan Anies-Muhaimin.” papar Mochamad Thoha Direktur Eksekutif Lanskap.

2. Charta Politika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat