androidvodic.com

Timses AMIN, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud Soroti Isu Lapangan Kerja, Ini Solusi yang Ditawarkan - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA — Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang bertanding menyoroti isu pembukaan lapangan kerja menjadi isu yang krusial.

Mereka pun memiliki program masing-masing mengenai isu tersebut.

Hal tersebut diungkapkan saat menjadi pembicara dalam diskusi 'Total Politik bertajuk Mimpi Bonus Demografi: Talenta Muda Masih Bisa Cari Kerja' di daerah Jakarta Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Co-Captain Timnas Anies-Muhaimin, Leontinus Alpha Edison, menyatakan, pemerataan agar anak muda yang masuk usia kerja bisa terserap secara maksimal setiap tahunnya merupakan isu yang penting.

Ia menilai prinsip-prinsip sentralisasi sudah tidak bisa lagi diterapkan di masa yang akan datang.

Baca juga: Janji Gibran jika Menang Pilpres: Kurangi Titipan Masuk BUMN hingga Lanjutkan Program Jokowi

Karenanya, pasangan Anies-Muhaimin berencana akan mengembangkan belasan kota agar bisa menjadi seperti Jakarta dan bisa menyerap pekerja lebih banyak.

"Dengan semangat pemerataan itu, kita sudah mengidentifikasi sekurang-kurangnya ada 14 kota yang akan kita kembangkan, sehingga kota-kota ini menjadi ekonomi baru," kata Leontinus dalam diskusi 'Total Politik bertajuk Mimpi Bonus Demografi: Talenta Muda Masih Bisa Cari Kerja' di daerah Jakarta Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Nantinya, kata Leon, 14 kota yang dikembangkan seperti Jakarta itu nantinya memiliki ekonomi hingga pendidikan berkualitas tinggi.

Baca juga: Gibran Janji Kurangi Orang Titipan Masuk BUMN Jika Menang di Pilpres 2024

Akan tetapi, Ia enggan merinci 14 kota yang dibidik akan dibuat seperti Jakarta.

"Bayangkan ada 14 kota yang seperti Jakarta, tapi bukan kepadatannya, bukan kesemrawutannya, tapi kota yang dinamis ekonominya seperti Jakarta, kualitas kesehatan dan pendidikannya seperti Jakarta," jelas dia.

Sementara itu, Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Rian Ernest, menyatakan apa yang menjadi gagasan pasangan Prabowo-Gibran dalam menjawab persoalan lapangan kerja bagi tenaga kerja angkatan muda.

Ia mengatakan Prabowo-Gibran sudah menggagas program untuk memberikan insentif kepada perusahaan agar perusaan tersebut bisa dengan mudah menyerap tenaga kerja muda yang setiap tahunnya mencapai lebih dari dua juta jiwa.

"Prabowo-Gibran merasa bahwa kita harus memberi insentif kepada perusahaan agar lebih mudah menyerap tenaga kerja yang muda," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat