androidvodic.com

Daftar Cagub Jagoan Golkar di Pilkada 2024: Jabar, Jatim, DKI Jakarta hingga Sumut - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Partai Golkar mengusulkan sejumlah nama bakal calon gubernur (cagub) yang bakal maju pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak atau Pilkada Serentak 2024 mendatang. Namun, baru beberapa bakal calon gubernur yang dibocorkan pihak DPP Golkar.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai memberikan pengarahan kepada 1.117 orang bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah Golkar seluruh Indonesia, di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (21/11/2023).

Airlangga menyebutkan nama pertama yang telah dibocorkan adalah mantan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri yang juga mantan Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw sebagai bakal cagub Papua Barat.

"Salah satunya adalah Pak Paulus yang akan kami dukung untuk menjadi bakal calon di Papua Barat untuk gubernur," kata Airlangga usai pemberian pengarahan.

Selain Paulus, lanjut Airlangga, ada nama mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang diusulkan sebagai bakal calon  Gubernur Banten. Lalu, ada Ridwan Kamil diusulkan maju kembali sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat. 

Selanjutnya, Khofifah Indar Parawansa diusulkan kembali sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang diusulkan maju sebagai bakal Calon Gubernur DKI Jakarta.

Lalu, Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, diusulkan sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Utara. 

“Sudah ada. Ya kalau untuk Banten di sini ada ibu Airin sekaligus ketua TKD. kemudian Pak Ridwan Kamil di Jabar. Khofifah Jawa Timur. DKI, Pak Zaky,” katanya.

Baca juga: Kini Diusung Partai NasDem, Anies Baswedan: Dulu di Pilkada DKI Saya Digebuki

Nantinya, kata dia, pihaknya akan menjajaki dan mengusulkan nama-nama tersebut kepada pihak Koalisi Indonesia Maju (KIM), partai politik pengusung capres-cawapres Prabowo-Gibran.

"Koalisi sudah dibahas dengan koalisi Indonesia maju. Jadi, modal awal dengan KIM, kami bisa mencalonkan dimana saja," tukasnya.

Diberitakan, DPP Partai Golkar mengumpulkan 1.117 orang bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah Golkar seluruh Indonesia di kantor DPP Partai Golkar

Mereka merupakan bakal calon gubernur, wakil gubernur, wali kota, wakil walikota, bupati, dan wakil bupati dari Partai Golkar seluruh Indonesia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat