androidvodic.com

PDIP Sulawesi Tengah Bantah Isu Intel Ikut Rapat Internal Partai di Palu - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Ketua DPD PDIP Sulawesi Tengah (Sulteng) Muharram Nurdin membantah kabar ada intel mengikuti rapat internal DPC PDIP Palu.

Muharram mengatakan pihaknya memang sempat mengadakan kegiatan rapat kerja daerah (Rakerda) internal di wilayah Palu.

Namun, dia menegaskan tidak ada satupun pihak luar mengikuti Rakerda yang dibuka Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto tersebut.

"Bahwa ada berita disusupi itu yang kemudian saya tidak tahu, ini siapa yang menyusupi dan seperti apa. Tapi bahwa ada kegiatan Rakerda, iya ada," kata Muharram dalam keterangannya yang diterima News, Rabu (22/11/2023).

Muharram mengaku tidak mengikuti Rakerda tersebut hingga selesai lantaran harus mendampingi Hasto berkeliling.

Namun, berdasarkan pengakuan stafnya di lokasi, tidak ada pihak luar yang menjadi peserta Rakerda.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud Ungkap Kantor PDIP Palu Didatangi Polisi dan Intel Saat Hasto Berkunjung

"Saya sudah tanya staf saya yang ada, memang yang sudah kami kenal semuanya yang masuk ke dalam (rapat) itu," jelasnya.

Muharram menuturkan akan berkoordinasi dengan pihak DPP beserta Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk mengklarifikasi.

"Kita juga sudah klarifikasi ke DPP bahwa kita tidak ada masalah. Itukan dari TPN, tapi infonya dari Pak Sekjen, menurut Staf Pak Sekjen. Ini sedang saya klarifikasi kalaupun ada orang di dalam itu bukan bermaksud karena kami sudah terbiasa," ucapnya.

Dilansir dari tribunpalu.com, Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Agus Nugroho memastikan seluruh jajarannya tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis termasuk pengerahan intelijen kepada partai politik.

Baca juga: Rampung Isi Rakerda PDIP di Sulawesi Tengah, Hasto Lari Santai di Sekitaran Patung Bung Karno Palu

"Polri sesuai amanat UU Nomor 2 Tahun 2002, Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat poltik praktis. Polri fokus pada keamanan agar pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman damai dan sejuk," tegasnya.

Informasi soal intel mengikuti rapat internal DPC PDIP Palu sebelumnya diungkapkan Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis.

Dia mengatakan kantor PDIP Palu, Sulawesi Tengah didatangi delapan anggota polisi beberapa waktu lalu.

Todung mengatakan peristiwa itu terjadi saat Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto melakukan kunjungan ke PDIP Palu.

"Nah ketika dia (Hasto) melakukan (kunjungan) itu, kantor DPC PDIP Palu itu didatangi oleh delapan orang polisi, itu acara internal PDIP," kata Todung dalam jumpa pers di Media Center TPN, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Menurutnya, sebagian oknum polisi tersebut memasuki ruangan kantor PDIP Palu, sementara sebagiannya lagi di luar.

Namun, Todung menjelaskan sebelum delapan oknum polisi tersebut datang, seorang yang diduga intel sudah lebih duluan ke lokasi.

"Sebelumnya sudah ada juga yang datang ke kantor DPD PDIP di sana dan konon katanya ada intel yang duduk di sana di dalam rapat PDIP di Palu," ucap Todung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat