androidvodic.com

Peneliti Soroti Citra Gemoy Prabowo Subianto - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Peneliti PARA Syndicate Virdika Rizky Utama menyebutkan strategi Prabowo untuk memikat pemilih Gen Z dengan membentuk citra gemoy merusak demokrasi.

Adapun hal itu disampaikan Virdika pada diskusi Para Syndicate bertajuk Kampanye Pilpres, Politik Gemoy vs Politik Gagasan, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2023).

"Analisis yang lebih dalam mengungkapkan bahwa taktik-taktik ini merupakan simbol dari budaya politik yang memperlakukan pemilihan umum yang demokratis hanya sebagai tontonan. Merusak keterlibatan substantif yang diperlukan untuk demokrasi yang sehat," kata Virdika.

Kemudian diungkapkannya istilah gemoy menjadi sebuah langkah untuk melunakkan citra Prabowo yang sebelumnya dikenal dengan latar belakang militer yang tegas.

Strategi ini kata Virdika, meskipun tampaknya tidak berbahaya, perlu direvisi.

Baca juga: Prabowo Dikritik Gegara Gimmick Gemoy, TKN Sebut Penampilan Menggemaskan Itu Anugerah

Hal ini menunjukkan pergeseran yang mengkhawatirkan dalam wacana politik dari kebijakan dan kapabilitas ke kepribadian dan pesona.

"Karena itu, citra 'gemoy' adalah lapisan yang dangkal, pengalih perhatian dari evaluasi substantif terhadap kebijakan dan rekam jejak kandidat," jelasnya.

Virdika menjelaskan Gibran Rakabuming Raka juga memperparah masalah ini dengan pendekatannya terhadap media dan wacana publik.

Penghindaran pasif Gibran terhadap pertanyaan media, menurutnya menggemakan strategi yang dapat dianggap sebagai penutup untuk pencalonannya yang bermasalah.

Baca juga: Cipung Ucap Siap Grak, Prabowo Hormat, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Ucap Sisi Gemoy Sang Capres

"Keengganannya untuk terlibat dalam diskusi dan tanggapan umum terhadap pertanyaan media merupakan kesempatan yang terlewatkan untuk keterlibatan demokratis," katanya.

Menurutnya sikap Gibran yang ditandai dengan ungkapan-ungkapan seperti jalani saja, tidak perlu ditanggapi dan kami menerima semua masukan.

"Bukan hanya sikap pasif, tetapi juga penarikan diri secara strategis dari dialog-dialog kritis yang membentuk demokrasi," tegasnya.

Terpisah, Wakil Komandan Echo TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman mengatakan Prabowo tidak mungkin disebut gemoy oleh masyarakat jika tidak suka dengan program dan gagasannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat