androidvodic.com

Sudirman Said Sebut Anies Baswedan Bakal Lanjutkan dan Kaji Ulang IKN Jika Menang Pilpres 2024 - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said mengungkapkan Anies Baswedan akan melanjutkan program Ibu Kota Nusantara (IKN) jika menang di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikannya usai Peluncuran & Diskusi Buku 'Bergerak dengan Kewajaran-Antologi Kedua Sudirman Said', di Teater Salihara, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2023).

"Kalau yang selalu dikatakan Pak Anies itu IKN sudah jadi UU dan tugas presiden mendatang siapapun itu ya melaksanakan UU kan," kata Sudirman, kepada wartawan.

Sudirman mengatakan, nantinya semua program pasti akan dikaji di kepemimpinan Anies Baswedan, termasuk soal IKN.

"Semua program pasti akan dikaji. Kan Pak Anies punya matrik tuh, punya matrik yang sering disebutkan itu," ucapnya.

Baca juga: ASN DKI Ditawarkan Pindah ke IKN, KAHMI: Bahasa PJ Heru Memotivasi Pegawai

Lanjutnya, kebijakan yang sudah ada di kepemimpinan presiden sebelumnya akan ditinjau kembali mengenai kelayakannya untuk dilanjutkan atau tidak.

"Jadi policy apapun ada hal-hal yang sudah cukup baik diteruskan, ada yang perlu perbaikan, ada yang perlu koreksi, bisa koreksi total, bisa ditinjau kembali, sampai ada yang tawaran baru dari pemerintahan yang baru," kata Sudirman.

"Nanti kita lihat kalau ada aspek-aspek yang tidak lagi relevan atau tidak lagi pas dengan situasi pada waktu itu, ya mesti dikaji," lanjut dia.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu berharap capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan tak melanjutkan upaya pemindahan Ibu Kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN) jika nantinya terpilih menjadi Presiden di 2024.

Baca juga: Saat Jokowi Bantah Kritik Anies soal IKN, Tapi Ogah Respons Sentilan Megawati Penguasa Bak Orde Baru

Syaikhu mengatakan, pembatalan IKN menjadi Ibu Kota Indonesia baru merupakan suara dari PKS yang diharapkan dapat diakomodir Anies Baswedan.

“Tentu sikap ini adalah awalannya adalah sikap dari PKS sendiri. Tetapi kaitan ini apakah mau dibawa oleh Presiden atau tidak gagasan ini, mudah-mudahan ini akan juga diakomodir oleh Pak Anies dan juga bisa dipahami juga oleh partai partai yang lain,” ucap Syaikhu di Depok, Jawa Barat, Minggu (26/11/2023).

Syaikhu menerangkan, aspirasi ini akan didiskusikan dengan cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin beserta partai-partai di Koalisi Perubahan.

“Saya kira itu akan kita cari titik temu untuk kita menjadi gagasan bersama,” jelas Syaikhu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat