androidvodic.com

Adu Gagasan, Ganjar Pamer Program 1 Desa, 1 Faskes, 1 Nakes, Bagaimana Prabowo dan Anies? - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) memulai masa kampanyenya dengan saling menawarkan program-program bila terpilih di Pilpres 2024.

Pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD misalnya mempamerkan program unggulannya, yakni satu desa, satu tenaga kesehatan (Nakes), dan satu fasilitas kesehatan (Faskes).

Program ini dinilai sangat tepat karena menyentuh langsung kebutuhan rakyat. Rakyat di tingkat akar rumput akan merasakan langsung manfaatnya jika terealisasi.

“Program itu, program populis yang memang dibutuhkan rakyat. Program yang bagus sebagai sebuah pemihakan kepada masyarakat, yang selama ini belum terjangkau pembangunan,” kata pengamat politik, Adi Prayitno kepada wartawan, Kamis (30/11/2023).

Adi mengatakan, selama ini program dana desa memang ada. Namun, penggunaannya belum bisa menjangkau layanan kesehatan paripurna bagi masyarakat.

“Betul ada dana desa tapi kan pemanfaatannya belum bisa menyediakan layanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat di desa,” ujarnya.

Menurutnya, program satu desa, satu Nakes, dan satu Faskes merupakan penebal keberpihakan kepada masyarakat pedesaan.

“Program unggulan Satu Desa, Satu Nakes, Satu Faskes merupakan suatu penebal keberpihakan pada rakyat di pedesaan," ucap Adi.

Adi menjelaskan, program pendidikan, kesehatan, dan bantuan sosial harus diprioritaskan di wilayah perdesaan demi mewujudkan pemerataan.

"Disparitas antara desa dan kota harus dipikirkan secara serius oleh para pemimpin bangsa,” tuturnya.

Tak hanya Ganjar-Mahfud, Adi menuturkan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka juga sama.

Dia menambahkan bahwa semua pasang calon menawarkan program populis.

"Prabowo-Gibran misalnya menawarkan makan dan susu gratis dan bantuan sosial," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat