androidvodic.com

Peran Pemuka dan Tokoh Agama untuk Tangkal Berita Hoaks Pemilu Dinilai Harus Diperkuat - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Berita hoaks jelang Pemilu 2024 dinilai harus diantisipasi seluruh lapisan dan elemen masyarakat di seluruh sendi kehidupan. 

Diketahui, pencoblosan Pileg dan Pilpres 2024, tinggal 71 hari atau kurang tiga bulan. 

Dan sejak penetapan pasangan capres cawapres Pilpres 2024, sudah banyak bertebaran berita hoaks yang dapat merusak persatuan dan kesatuan. 

Imam besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar memberikan pandangan soal Pilpres 2024 yang akan datang.

Ia meyakini, Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang, akan berlangsung dengan damai dan melahirkan pemimpin yang amanah.

Ia pun meyakini jika nanti pemicu konflik dalam pemilu seperti politik identitas serta politik yang menggunakan dalil agama tidak akan laku. 

"Saya melihat masyarakat saat ini jauh lebih dewasa dalam menyikapi persoalan politik, " ujar Nasarudin, dalam keterangannya,  Selasa (5/12/2023).

Dia mengingatkan, belajar dari sejarah sebelumnya di mana agama digunakan untuk kepentingan politik, hal itu tidak akan terjadi di masyarakat.

Baca juga: 96 Isu Hoaks Bertebaran dari 355 Konten Medsos, Menkominfo Terbitkan Desk Pemilu dan Buku Saku

Ia pun meyatakan, Pilpres 2024 jika dikaitkan dengan persoalan-persoalan keagamanan itu tidak lagi akan menjadi pusat perhatian. 

Sebab, masyarakat mulai paham bahwa untuk kepentingan sesaat jangan sampai memecah persatuan bangsa. 

Oleh karena itu, diharapkan peran tokoh dan pemuka agama untuk membantu menciptakan penyadaran agama guna menangkal hoaks perlu diperkuat.

"Adanya faktor-faktor yang digunakan untuk memecah belah masyarakat di Pemilu tidak akan laku. Faktor pemuka agama dalam mencerahkan masyarakat juga perlu ditingkatkan," jelasnya. 

Terpisah, Katib 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Akhmad Said Asrori mengimbau seluruh warga NU dan masyarakat luas untuk sama-sama menjaga kondusifitas negara selama masa kampanye Pemilu 2024.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat