androidvodic.com

Fakta Gibran Salah Sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil, Sampaikan Minta Maaf hingga Kena Sindir Anies - News

News - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menjadi bahan perbincangan karena salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat sebagai zat yang dibutuhkan ibu hamil.

Rekaman video soal pernyataan Gibran tersebut pun viral di media sosial.

Sebelumnya, kejadian tersebut berawal dari Gibran yang mengkampanyekan programnya, yakni Kartu Indonesua Sehat (KIS) untuk ibu dan anak saat mengisi acara diskusi ekonomi kreatif pada Minggu (3/12/2023) di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

"Ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak. Ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak, berat badannya tinggi badannya oke gak," kata Gibran.

Pernyataan Gibran itu kemudian mendapatkan tanggapan dari berbagai pihak, ada dari kubu Prabowo Subianto-Gibran yang turut memberikan penjelasan.

Bahkan, calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan juga memberikan sindiran.

Berikut fakta-fakta Gibran yang salah menyebutkan asam folat menjadi asam sulfat untuk ibu hamil:

Baca juga: Gibran Salah Sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil, Pakar: Bisa Dihindari jika Punya Banyak Pengalaman

Gibran Minta Maaf

Atas pernyataannya yang salah itu, Gibran menyampaikan permintaan maaf karena salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat.

“Apa sih kemarin saya menyebutnya? Asam sulfat ya. Ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya,” kata Gibran usai badminton di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

Gibran juga memberikan tanggapan setelah videonya itu tersebar di media sosial.

Wali Kota Solo itu mengakui jika ia salah sebut, di mana seharusnya zat untuk ibu hamil adalah asam folat, bukan asam sulfat.

Sebagai informasi, asam folat sendiri merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan perempuan.

Bagi ibu hamil, asam folat termasuk asupan terpenting selain zat besi, kalsium, dan mineral.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat