androidvodic.com

Ganjar Komentari soal Gubernur Jakarta Dipilih Presiden hingga Usulan TKN Prabowo Tentang Debat - News

News - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo buka suara soal wacana Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dipilih oleh presiden.

Hal tersebut tertuang dalam draf Rancangan Undang-undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ), yakni dalam Pasal 10 ayat 2 tentang Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Gubernur dan Wakil Gubernur ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan oleh Presiden dengan memerhatikan usul atau pendapat DPRD," bunyi pasal tersebut.

Mengenai hal ini, Ganjar menyatakan tak setuju dengan keputusan tersebut.

Ia menegaskan, pemilihan kepala daerah tetap dipilih rakyat sebagaimana amanat otonomi daerah.

"Kalau kita mau konsisten sama otonomi daerah maka (gubernur) dipilih (oleh rakyat)," kata Ganjar saat ditemui di Gedung Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2023).

Menurutnya, presiden hanya bisa menunjuk Gubernur langsung jika status Jakarta diganti menjadi kota administratif.

Baca juga: Hari Ke-11 Kampanye, Ganjar ke Cirebon, Mahfud MD Temui Anwar Ibrahim di Malaysia

"Kecuali mau bikin kota administratif, kalau itu silakan ditunjuk. Itu saja, dua pilihannya," ujar Ganjar.

Sebagaimana diketahui, RUU DKJ itu disepakati menjadi usul inisiatif DPR RI yang diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR RI, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus sebagai pemimpin rapat menyampaikan bahwa pimpinan DPR menerima laporan dari Baleg terhadap penyusunan RUU usul inisiatif Baleg tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta.

Dalam laporan itu disampaikan, sebanyak 8 fraksi setuju RUU untuk menjadi usul inisiatif DPR.

Sementara Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menolak.

"Yaitu Fraksi PDI-P, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB, Fraksi PAN, dan Fraksi PPP. Dan satu fraksi yaitu Fraksi PKS menolak," ungkap Lodewijk.

Respons Ganjar soal TKN Prabowo Usul Debat Capres-Cawapres Tak Saling Sanggah

Kunjungan Capres Ganjar Pranowo ke kantor Tribun Kaltim yang disambut oleh Pemred Tribun Kaltim Ibnu Taufik Juwariyanto, GM Bisnis Erika Oktoviani beserta staf dan karyawan, Kamis (7/12/2023). Capres Ganjar Pranowo berbincang melalui podcast di studio Tribun Kaltim dan sempat berbelanja kacang di kantin kejujuran di ruang redaksi. Setelah itu foto bersama dengan karyawan. (TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO) - Begini respons Ganjar mengenai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dipilih presiden dan usulan dari TKN Prabowo soal debat tak saling sanggah.
Kunjungan Capres Ganjar Pranowo ke kantor Tribun Kaltim yang disambut oleh Pemred Tribun Kaltim Ibnu Taufik Juwariyanto, GM Bisnis Erika Oktoviani beserta staf dan karyawan, Kamis (7/12/2023). Capres Ganjar Pranowo berbincang melalui podcast di studio Tribun Kaltim dan sempat berbelanja kacang di kantin kejujuran di ruang redaksi. Setelah itu foto bersama dengan karyawan. (TRIBUN KALTIM/DWI ARDIANTO) - Begini respons Ganjar mengenai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dipilih presiden dan usulan dari TKN Prabowo soal debat tak saling sanggah. (Tribun Kaltim/Dwi Ardianto)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat