androidvodic.com

KPU Kota Semarang Butuhkan 32 Ribu Anggota KPPS, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftarannya - News

News - Pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 akan dibuka mulai besok, Senin (11/12/2023).

Pendaftaran dapat dilakukan pada 11-20 Desember 2023.

Rekrutmen KPPS itu juga dilakukan oleh KPU Kota Semarang.

KPU Kota Semarang membuka lowongan sebanyak 32.522 orang dan telah melakukan sosialisasi kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Nantinya, mekanisme pendaftaran KPPS ini sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilu Nomor 67 Tahun 2023.

"Persyaratan diatur dalam keputusan tersebut. Sebenarnya sama seperti rekrutmen badan adhoc. Jadi, usia 17 tahun atau sudah pernah menikah, perlengkapan administrasi seperti keterangan sehat, dan sebagainya," kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, Jumat (8/12/2023) dikutip dari TribunJateng.com.

Baca juga: Contoh Format Surat Pernyataan Pendaftaran Anggota KPPS Pemilu 2024, Lengkap dengan Cara Daftarnya

Selain itu, Henry juga menyebutkan gaji dari KPPS ini sebesar Rp 1.100.000, naik dua kali lipat dari pemilu 2019, senilai Rp 550.000.

Sedangkan untuk ketua KPPS sebesar Rp 1.200.000.

"Saya kira tidak mengukur kinerja dari gaji, tapi (kenaikan gaji ini) bagian dari upaya KPU memastikan bahwa teman-teman mendapatkan penghormatan yang layak. Pekerjaannya tidak cuma tiga hari, Ketemunya satu bulan," tambahnya.

Untuk masa kerja dari KPPS ini selama satu bulan, mulai dari menyiapkan TPS hingga rekapitulasi, dan diperkenankan hadir jika dibutuhkan.

Pada lowongan ini, dirinya mempersilahkan masyarakat ikut berpartisipasi menjadi KPPS yang penting tidak menjadi bagian dari partai politik.

Bahkan, ASN diperkenankan mendaftar dengan syarat mendapat ijin dari pimpinan.

Pada rekrutmen KPPS ini terdapat syarat yang tertuang dalam Pasal 40 PKPU Nomor 8 Tahun 2022.

Syarat Anggota KPPS

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat