androidvodic.com

Catatan Pengamat Terkait Performa Capres Beradu Gagasan, Harap Debat Cawapres Lebih Seru dan Menarik - News

News, JAKARTA - Pengamat politik Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) Ikhwanul Maarif, menanggapi penampilan ketiga calon presiden (capres) dalam debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023) malam.

Debat pertama yang mengangkat tema terkait hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi dan peningkatan layanan publik dan kerukunan warga ini berjalan cukup sengit dan menarik.

Menurut Ikhwanul, ketiga capres sudah menampilkan perdebatan yang dialektik di mana ketiga capres terlihat cukup terbuka, berani dan tajam dalam mengangkat dan mengkonter isu-isu sensitif.

"Anies terlihat sosok pemimpin yang cerdas, kritis, berlatar akademisi dan punya pengalaman sebagai kepala daerah ibu kota. Kemudian Prabowo yang merupakan sosok berlatar belakang militer dalam berargumen mencoba menampilkan sisi patriotik dan ketegasan. Sedangkan Ganjar yang memiliki latar belakang politisi dari partai berbasis kebangsaan, juga sebagai mantan gubernur Jawa Tengah, terlihat mengedepankan narasi dan pengalamannya berinteraksi dengan isu-isu kerakyatan," ungkap Ikhwanul dalam keterangannya, Jumat (15/12/2023).

Ikhwanul mengatakan ketiga capres ini sudah memberikan penampilan debat yang cukup memukau dan berkualitas, tentunya semua masyarakat Indonesia mengharapkan hal yang sama saat debat cawapres juga akan lebih seru dan menarik lagi.

"Ya meskipun ada saling sindir, saling serang dalam melontarkan pertanyaan, hal tersebutlah yang menjadikan perdebatan semakin menarik. Dan menurut saya publik berhak mendapatkan perdebatan yang berkualitas serta jawaban atau respon yang berkapasitas dari masing-masing capres. Namun demikian pastinya ada kelemahan-kelemahan, yang pasti masih ada empat agenda debat di mana dua agenda untuk capres dan dua agenda untuk cawapres. Debat cawapres saya harap juga menggunakan semangat dan format yang sama terbuka dan berkualitas," ucap dia.

Ikhwanul memuji inisiatif KPU dalam membuat debat secara terbuka dan menjadikan perdebatan ini berjalan secara dialektik dan tajam. 

"Hanya saja perlu ada penambahan peran dari panelis yang harus lebih berkualitas, yang didatangkan dari berbagai daerah untuk bisa menanggapi dan mengkritisi berbagai gagasan yang disampaikan ketiga capres, ya saya harap pada debat kedua nantinya panelis bisa diberi ruang untuk memberikan pandangannya terhadap narasi dari tiga paslon ini," tutur Ikhwanul.

Tema Debat Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dijadwalkan menggelar debat kedua capres-cawapres 2024 pada Jumat, 22 Desember 2023.

Diketahui, debat capres-cawapres akan dilakukan sebanyak 5 kali sebelum pemilihan umum (Pemilu) 2024 dilaksanakan.

Pada debat pertama, pesertanya dari ketiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Nantinya pada debat kedua akan diikuti oleh ketiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Adapun tema debat kedua ini adalah Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Jadwal dan Tema Debat Kedua Pilpres 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat