androidvodic.com

Beda dari Debat Capres, KPU Buka Opsi Debat Cawapres Digelar di Hotel hingga Pakai Podium - News

News - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka opsi baru untuk debat kedua bagi calon wakil presiden (cawapres) yang akan dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) mendatang.

Adapun, debat ini akan diikuti oleh tiga cawapres peserta Pilpres 2024, yaitu cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Anggota KPU RI, August Mellaz mengatakan debat bagi cawapres ini kemungkinan bisa berlangsung di sebuah hotel di kawasan Jakarta.

"Untuk lokasi kita akan ketemu dengan pihak TV pool penyelenggaranya. Karena ada beberapa usulan. Di hotel, di Jakarta," kata Mellaz di Kantor KPU, Jumat (15/12/2023).

Selain itu, KPU juga membuka opsi untuk disediakan podium dalam debat cawapres nanti.

Namun rencana tersebut, masih akan dibahas oleh KPU bersama pihak terkait dalam rapat untuk debat perdana cawapres.

Baca juga: KPU Bakal Tegur Gibran Terkait Aksi Saat Debat Capres, Ini Respons Ganjar

“Apakah kebutuhannya ada podium, bisa saja kan itu muncul,” kata August Mellaz saat dikonfirmasi, Jumat.

Diketahui tidak ada podium dalam debat perdana capres pada Selasa (12/12/2023).

Ketiga capres, yakni capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo hanya berdiri di atas panggung tanpa ada properti debat lainnya.

Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana capres yang berlangsung di kawasan Kantor KPU RI sebagaimana pada Selasa (12/12/2023) lalu.

Tema debat perdana itu meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Adapun tentang format debat, August memastikan tidak ada yang berubah.

Acara akan tetap berlangsung selama 150 menit, dan durasi khusus debat selama 120 menit. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat