androidvodic.com

Prabowo Ungkap Alasan Awali Kampanye di Blitar dengan Berziarah ke Makam Bung Karno - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengungkap alasan ziarah ke makam presiden pertama sekaligus proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, jadi lokasi pertama saat mengawali kampanye di Blitar, Jawa Timur pada Minggu (17/12/2023).

Prabowo mengatakan, Bung Karno adalah tokoh besar yang dikenal sebagai pejuang dan proklamator. Karena itu, hal ini pun sebagai bentuk penghormatannkepada jasa para pahlawan.

"Beliau proklamator, beliau pejuang, beliau pahlawan. Jadi kita hormati pahlawan-pahlawan kita," ucap Prabowo seusai berziarah ke makam Bung Karno.

Prabowo pun menolak anggapan yang mengkaitkan ia sebagai sosok penerus Bung Karno. Menurutnya, Bung Karno memiliki tempat sendiri di hati rakyat Indonesia.

Khususnya, kata Prabowo, Bung Karno merupakan tokoh besar yang mengantarkan Indonesia untuk bisa merdeka. Apalagi, Bung Karno juga menjadi sosok yang mempersatukan Indonesia.

"Hahaha, ya ndaklah (ia sama dengan Bung Karno). Beliau adalah proklamator, beliau adalah salah satu tokoh besar yang mengantar bangsa kita merdeka. Beliau mempersatukan nusantara. Jadi saya kira patut kita hormati," pungkasnya.

Prabowo Tertunduk di Depan Makam Bung Karno

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mendatangi Kota Blitar, Jawa Timur pada Minggu (17/12/2023) siang. Bukan tanpa sebab, kedatangannya untuk berziarah ke makam Presiden RI ke-1 Soekarno.

Pantauan Tribunnews si lokasi, Prabowo tiba di lokasi pemakaman Bung Karno sekira pukul 11.25 WIB. Dia tiba dengan memakai alphard berwarna putih.

Baca juga: Kampanye di Bekasi, Ganjar Beberkan Agenda Pemberantasan Korupsi Hingga Insentif untuk Guru Agama

Eks Danjen Kopassus itu terlihat memakai pakaian safari berwarna krem. Seusai turun dari mobil, ia langsung memberikan salam ratusan simpatisan yang telah menunggu sejak pagi.

Di dalam rombongan, terlihat ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Politikus Gerindra Moreno Soeprapto. Rombongan pun langsung masuk ke dalam area makam Bung Karno.

Saat di dalam, rombongan Prabowo pun langsung disambut cucu Soekarno, Didi Mahardika Soekarno,  Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

Setelah itu, Prabowo dan rombongan pun berdiri di depan makam Bung Karno. Mereka pun berdoa dipimpin oleh salah seorang pemandu yang memakai pakaian berwarna hitam.

Baca juga: Beda dari Debat Capres, KPU Buka Opsi Debat Cawapres Digelar di Hotel hingga Pakai Podium

Prabowo pun terlihat khusyuk berdoa di depan makam Bung Karno. Namun, sesekali Prabowo terlihat menunduk dengan kedua tangan posisi di depan perutnya.

Rencananya, Prabowo bakal menghadiri sejumlah kegiatan di Blitar, Jawa Timur. Selain ke makam Bung Karno, Eks Pangkostrad TNI AD itu juga akan menghadiri deklarasi Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial atau Gema PS  di GOR Soekarno Hatta, Blitar.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat