androidvodic.com

Siti Atikoh Ganjar: Alpha Women Juga Jadi Korban KDRT, Harus Didampingi Agar Berani Speak Up - News

News, SURABAYA - Istri capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mengaku selama safari politik dan blusukan di Jawa Timur banyak mendengar keluhan dan aspirasi rakyat.

Ibunda Alam Ganjar itu menyatakan, selama blusukan, kerap mendengar aspirasi soal kemudahan akses mendapatkan pekerjaan bagi disabilitas serta perlunya negara bisa mendampingi korban kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan pelecehan seksual.

Baca juga: Siti Atiqoh Ganjar Ingin Gali Potensi Pengembangan Ekonomi Lewat Safari Politik Jabar-Jateng

"Kalau dalam tempat-tempat tertentu (di Jatim, red) ada aspirasi terkait bullying, KDRT, kemudian pelecehan seksual itu agar ada wadah tersendiri," kata Siti Atikoh menjawab awak media setelah melakukan serangkaian blusukan di Jawa Timur, Rabu (20/12/2023).

Soal KDRT, Atikoh menilai faktor penyebab kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kini variatif.

Kalau dulu, penyebab dominan KDRT adalah faktor kesulitan ekonomi yang ditanggung laki-laki pelaku sebagai pencari nafkah utama.

Kini, Atikoh mengatakan dirinya menemukan 'alpha women' justru jadi korban KDRT.

Yang kekerasan tipe ini, perempuan korban KDRT justru memiliki karier cemerlang dan tidak mau melaporkan terjadinya pidana kekerasan ke kepolisian.

Atikoh mengatakan para korban dengan karier cemerlang justru merasa rendah diri dan menganggap ada tanggung jawab domestik rumah yang terbengkalai, sehingga tak melaporkan tindak KDRT dari pasangan.

Baca juga: Atiqoh Ganjar Kagumi Tokoh Perempuan Megawati Soekarnoputri hingga Lady Diana

"Kadang perempuan yang posisi karier sangat luar biasa, ada rasa bersalah ketika dia tidak bisa mencukupi seluruh tanggung jawab di domestik, sehingga ketika mereka jadi korban, diam saja. Tidak mau speak up, karena, oh, iya, mungkin ada tugas-tugas saya yang terbengkalai," kata alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

"Jadi ada pola pergeseran. Kalau dahulu, kan, semua mayoritas, ya, korban KDRT itu ketergantungan kepada pasangannya. Kalau sekarang enggak. Tentu pendekatannya berbeda-beda. Bagaimana kita mereka yang strong women ini speak up, sehingga kita tahu permasalahan seperti apa, apa yang harus dilakukan," katanya.

Atikoh juga menyebut selama blusukan mendengar aspirasi tentang perlunya penyediaan lapangan kerja di dalam negeri demi menekan jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh blusukan ke Pasar Banyu Urip, Surabaya, Rabu (20/12/2023) pagi.
Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh blusukan ke Pasar Banyu Urip, Surabaya, Rabu (20/12/2023) pagi. (Istimewa)

"Bagaimana pemerintah menekan jumlah TKI yang mempengaruhi pola pengasuhan anak, misalnya terkait lapanga kerja yang tersedia di Indonesia. Kemudian teman-teman, masyarakat wirausaha itu bisa menekan tenaga kerja yang bukan ahli. Tenaga kerja informal yang keluar negeri," kata cucu dari KH Hisyam A Karim, pendiri Pondok Pesantren PP Riyadus Sholikhin Kalijaran itu.

Atikoh mengatakan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sudah punya program terhadap keluhan dan aspirasi yang didengar mantan wartawati itu selama blusukan.

Semisal, kata dia, Ganjar-Mahfud bakal memaksimalkan peran bimbingan konseling demi mendampingi korban kekerasan seksual di universitas dan sekolah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat