androidvodic.com

Elektabilitas usai Debat Versi 4 Lembaga: Prabowo-Gibran Teratas, AMIN dan Ganjar-Mahfud Bersaing - News

News - Debat Pilpres 2024 hingga saat ini sudah digelar sebanyak dua kali yaitu untuk calon presiden (capres) pada Selasa (12/12/2023) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Jumat (22/12/2023).

Kemudian, ada empat lembaga yang sudah merilis hasil surveinya pasca dua edisi debat tersebut yaitu Indikator Politik Indonesia, Centre of Strategic and International Studies (CSIS), Polling Institute, dan yang terbaru adalah LSI Denny JA.

Lalu bagaimana elektabilitas dari tiga pasangan capres cawapres yaitu paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD usai dua edisi debat yang sudah digelar? Berikut datanya.

LSI Denny JA

Berdasarkan rilis hasil survei LSI Denny JA, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul jauh ketimbang dua pasangan lainnya.

Pasangan ini memiliki elektabilitas mencapai 43,3 persen suara.

Lalu, di bawahnya ada pasangan Anies-Cak Imin atau AMIN yang meraih 25,3 persen disusul Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 22,9 persen.

Baca juga: Survei CSIS: Elektabilitas Golkar dengan PKS Hanya Selisih 0,1, Ini Peta Kekuatan 3 Capres-Cawapres

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengungkapkan Prabowo-Gibran, berdasarkan hasil survei ini, sudah dipastikan lolos ke putaran kedua Pilpres 2024.

"Karena angkanya sudah melewati batas minimal untuk lolos ke putaran kedua dengan batasan 33,3 persen," ujarnya saat pemaparan secara daring di YouTube LSI Denny JA, Jumat (29/12/2023).

Namun, Adjie mengatakan bahwa peluang Pilpres 2024 akan berlangsung satu putaran atau dua putaran masih sama-sama besar.

Dia menjelaskan ketika berbicara soal potensi Pilpres 2024 berlangsung satu putaran, maka sudah terlihat bahwa kemungkinan besar Prabowo-Gibran yang bakal menang lantaran hingga saat ini, mereka hanya membutuhkan raihan suara antara 7-8 persen.

Namun, dalam konteks dua putaran, Adjie mengungkapkan AMIN membutuhkan tambahan suara mencapai 7-8 persen.

Sedangkan Ganjar-Mahfud butuh lebih banyak lagi yaitu hingga 10 persen untuk memenuhi tapal batas lolos ke putaran kedua yaitu 33,3 persen.

"Jadi dari data ini, pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud, keduanya masih punya potensi semisal dua putaran, maka keduanya masih punya potensi untuk saling mengalahkan," tutur Adjie.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat