androidvodic.com

Pengamat Soal Suara Ganjar di Jateng Merosot Menurut Berbagai Survei: PDIP Semakin Terjepit - News

News - Pengamat Psikologi Politik Universitas Negeri Sebelas Maret Solo (UNS), Moh Abdul Hakim memberi tanggapan terkait sejumlah hasil survei yang menunjukkan turunnya suara capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Tengah (Jateng).

Hakim mengatakan turunnya suara Ganjar tak luput dari munculnya sosok lain dari Jateng, yaitu Gibran Rakabuming Raka yang maju menjadi wakil Prabowo Subianto.

Prabowo-Gibran dinilai mulai menggerogoti suara pemilih di Jateng yang notabene merupakan 'kandang banteng'.

"Ada dua faktor. Efek Jokowi dan sosok Gibran mengamplifiksi. Awalnya, skeptis terhadap Gibran, ternyata dengan caranya sendiri menarik minat masyarakat."

"Survei elektabilitas Gibran sekarang sangat kuat. Dia punya model komunikasi lokalan seperti ngomong bareng di angkringan. Itu rasa politik masyarakat Jawa Tengah, di mana wilayah ini menjadi battle ground Pilpres 2024," ungkap Hakim kepada Tribunnews, Jumat (5/1/2023).

Sejumlah survei antara lain, CSIS pada 13-18 Desember 2023 lalu menunjukkan suara Ganjar di Jateng 43,3 persen, Prabowo yang dulu 10 persen naik menjadi 36,5 persen, dan Anies 13 persen.

Baca juga: Jelang Debat Ketiga, Bagaimana Penilaian Publik ke 3 Capres di Debat Perdana Versi Survei?

Potret lainnya survei Indikator pada 23-24 Desember 2023 menunjukkan suara Ganjar di Jateng-DIY 44,9 persen, Prabowo 36,6 persen, dan Anies 12,3 persen. 

Lalu pada bulan sebelumnya, LSI Denny JA juga memotret penurunan suara Ganjar menjadi 61 persen pada 6-13 November 2023

"Pada Pilpres lalu, mindset politik berbasis aliran terpatahkan karena kemenangan Jokowi yang diusung PDIP, ternyata lebih ke personalisasi."

"Setelah Jokowi memimpin dua periode, PDIP justru memperkuat basis elektoral dan asosiasi sendiri. Sampai sekarang pengaruh Jokowi lebih kuat, bahkan melebihi PDIP itu sendiri," katanya.

Lebih lanjut Hakim menilai ketokohan Gibran membuka tren migrasi dukungan terhadap dirinya di Pilpres nanti, dari kantong-kantong massa kandang banteng Jawa Tengah.

Menurutnya, masyarakat cenderung tidak tertarik lagi dengan drama-drama yang terjadi.

"PDIP banyak memainkan politik drama. Misalnya insiden kader PDIP Boyolali berkonflik dengan tentara. PDIP (seolah-olah korban loyalitas dan teraniaya. Narasi seperti itu mulai ditinggalkan. Ini mungkin yang membuat PDIP semakin terjepit," katanya.

Baca juga: Peta Suara Capres dan Cawapres di Jatim Hasil Survei LSI dan CSIS, Ada yang Meraih di Atas 50 Persen

Ia juga menyoroti tingginya pemilih bimbang atau undecided voters mencapai 6-7 persen. Angka ini menyulitkan pencapaian misi satu putaran pemungutan suara pilpres.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat