androidvodic.com

Peta Suara Capres dan Cawapres di Jatim Hasil Survei LSI dan CSIS, Ada yang Meraih di Atas 50 Persen - News

News, JAKARTA - Berikut elektabilitas terkini tiga pasang calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2024 jelang debat 7 Januari 2024.

Survei terkini tentang peta kekuatan Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di Jawa Timur diungkap Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Meski punya angka dan temuan yang berbeda, semua lembaga survei menunjukkan, setidaknya hingga kini, pilpres kemungkinan besar akan digelar dua putaran.

Lalu, bagaimana selengkapnya masing-masing hasil survei dari dua lembaga survei tersebut? Berikut rangkumannya?

Survei LSI

Hasil Elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur berada di posisi pertama dengan perolehan suara sebesar 46,7 persen.

Dengan perolehan suara itu, Prabowo-Gibran mengungguli dua paslon lainnya yaitu paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhamimin Iskandar (Cak Imin) serta paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang masing-masing memperoleh persentase sebanyak 16,2 persen dan 26,6persen suara.

Hal itu terungkap dari hasil survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) bertajuk “Peta Terkini Kompetisi Pemilu 2024 di Jawa Timur” yang dirilis secara virtual pada Jumat (5/1/2023).

“Prabowo Subianto-Gibran berada di urutan pertama untuk perolehan suara kalau pemilu presiden diadakan pada saat survei dilakukan, yaitu di angka 46,7 persen. Kemudian disusul dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 26,6%, dan pasangan Anies-Muhaimin Iskandar di angka 16,2%,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Djayadi mengungkap potensi adanya putaran kedua dalam Pilpres 2024.

Jika lanjut ke putaran kedua, kata Djayadi, dua paslon yang akan bersaing adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud MD.

“Karena posisi Anies berada di angka 16,2%,” sambung Djayadi.

Prabowo-Gibran dapat suara dari yang puas dengan kinerja Jokowi

Lebih lanjut Djayadi mengatakan, sebagian besar masyarakat Jawa Timur (Jatim) yang puas dengan kinerja Joko Widodo (Jokowi), bakal memilih Prabowo-Gibran.

"Ada 82,7% pemilih yang menyatakan puas dengan kinerja Presiden Jokowi," ujarnya.

"Di antara yang menyatakan puas itu, hampir 50% mendukung Prabowo-Gibran. Jadi tidak lagi ke Ganjar Pranowo," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat