androidvodic.com

Debat Capres Malam Ini, Ketiga Paslon Dinilai Punya Komitmen Perkuat Industri Pertahanan - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA -  Jelang debat calon presiden (capres) pada Minggu (7/1/2024) nanti malam, ketiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden dinilai memiliki komitmen untuk menguatkan industri pertahanan di Indonesia.

Analis Utama Politik Keamanan LAB 45 Reine Prihandoko memandan pemenuhan kebutuhan pertahanan dan keamanan menurut hemat saya menjadi pekerjaan besar ke depan, terutama dari industri pertahanan nasional

Ketiga paslon, menurutnya juga telah membahasnya dalam visi-misi mereka.

Ia mencontohkan, ketiga capres itu sama-sama menyoroti proses transfer teknologi atau alih teknologi sebagai upaya penguatan industri pertahanan

"Ganjar-Mahfud bahkan turut mencantumkan misi untuk membawa industri pertahanan hingga masuk ke rantai pasok global. Saya kira ini menunjukkan komitmen capres-cawapres untuk menguatkan industri pertahanan Indonesia," kata Reine saat dihubungi News pada Minggu (7/1/2024).

"Komitmen peningkatan riset dan inovasi dari seluruh paslon juga menjadi salah satu tawaran untuk memperkuat industri pertahanan nasional," sambung dia.

Diberitakan, debat ketiga peserta pemilihan presiden (pilpres) 2024 akan dimulai dengan penyampaian visi misi oleh calon presiden (capres) nomor urut 3 yakni Ganjar Pranowo.

Proses penyampaian visi misi akan disampaikan secara bergantian dalam setiap debat.

Baca juga: Ketika Anies, Prabowo dan Ganjar Soroti Isu Perempuan

Sebagaimana diketahui, saat debat perdana di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, visi misi disampaikan lebih dulu oleh capres nomor urut 1 yakni Anies Baswedan.

Kemudian saat debat kedua di Jakarta Convention Center, visi misi disampaikan lebih dulu calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 yakni Gibran Rakabuming Raka.

Debat ketiga akan berlangsung di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024).

Debat akan mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik. 

Baca juga: Kala Jokowi Temui Prabowo, Airlangga, hingga Zulkifli Hasan Jelang Debat Capres, Apa yang Dibahas?

KPU juga telah menegaskan tidak ada yang berbeda dalam debat ketiga kali ini kecuali lokasi. 

Durasi debat juga tetap sama yakni 150 menit yang terdiri dari 120 menit on air dan 30 menit jeda iklan. 

Debat juga tetap akan menghadirkan enam segmen sebagaimana dua debat sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat