androidvodic.com

Pengamat Kritik Aksi Politikus PSI Hampiri Moderator saat Jeda Debat: Dagelan Politik, Tidak Tepat - News

News - Aksi dua politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus TKN Prabowo-Gibran yang menghampiri meja moderator debat capres, mendapat sorotan tajam.

Mereka adalah Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka, yang menghampiri meja moderator saat saat jeda iklan.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menyayangkan akan hal tersebut.

Pangi juga mengatakan hal itu kurang tepat dilakukan, dan tak perlu terjadi lagi.

Bahkan pengamat politik tersebut, memberikan label aksi Grace dan Isyana sebagai dagelan politik.

"Ada suatu fenomena yang cukup menarik dalam debat ketiga capres, Grace Natalia yang mendatangi moderator ini juga dagelan politik yang tidak tepat dan tidak perlu terjadi," ujarnya menurut rilis yang diterima News, Senin (8/1/2024).

Meskipun, lanjut Pangi, alasannya adalah memprotes massa pendukung calon presiden (capres) 'lawan' yang dianggap mengganggu.

Baca juga: Sosok Grace Natalie dan Isyana, Pendukung Prabowo yang Disorot Karena Hampiri Moderator Debat Capres

"Sangat disayangkan, tidak sesuai dengan tempatnya, meskipun hanya memprotes masa pendukung yang dianggap melakukan gesture yang mengganggu jalannya debat," lanjutnya.

Pangi pun mengimbau adanya sanksi hingga teguran keras untuk Grace maupun Isyana.

"Harus ada sanksi dan teguran keras terhadap tim paslon 02, harus ada pembelajaran supaya yang model-model begini tidak terulang kembali terjadi di dalam debat-debat selanjutnya," imbuhnya.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bersama calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat calon presiden Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat ketiga Pemilu 2024 diikuti tiga capres dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan internasional, dan Geopolitik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bersama calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat debat calon presiden Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat ketiga Pemilu 2024 diikuti tiga capres dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan internasional, dan Geopolitik. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Grace Natalie Buka Suara

Grace Natalie mengungkapkan, apa yang menjadi pemantik sehingga dirinya mendatangi meja moderator debat.

Grace mengaku mempertanyakan aksi pendukung capres nomor 3, Ganjar Pranowo yang dinilai mengganggu, mengutip Tribuntrend.com.

"Kami mempertanyakan apa boleh pendukung yang duduk di belakang moderator, setiap paslon menjawab, mengacungkan jari tangan mereka tinggi-tinggi," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu malam.

Grace mengaku khawatir gerakan tersebut mengganggu konsentrasi paslon.

Baca juga: Hari ke-42 Kampanye Pilpres 2024: Anies ke Gorontalo, Prabowo Temui Timnas U-20, Ganjar Temui Gen Z

Prabowo Kecewa dengan Anies dan Ganjar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat